Artis Cantik Ini Kerap Berpose Sambil Tunjukkan Jari Simbol ‘Ngeseks’

Artis Cantik
Artis cantik Tanah Air Nikita Mirzani. (Foto: beepedo)

Terkini.id – Artis cantik Tanah Air Nikita Mirzani memang seolah tak pernah berhenti dari sensasi dan gunjingan. Setelah beberapa waktu lalu membuat heboh publik dengan pose fotonya yang mengibarkan bendera ‘LGBT’, kali ini artis sensasional ini kembali membuat heboh warganet.

Belum lama ini, Nikita Mirzani dikritik lantaran kerap berpose selfie sambil menunjukkan jari jempol tangan terjepit di antara jari telunjuk dan jari tengah.

Foto yang dianggap netizen tak senonoh tersebut kerap ia unggah di akun Instagram pribadinya.

Secara awam, masyarakat Indonesia mengetahui bahwasanya pose jari tersebut merupakan simbol pasangan yang sedang berhubungan intim.

Namun Nikita membantah anggapan itu. Ia menuturkan bahwa pose jari jempol terjepit itu bukanlah simbol ajakan melakukan hubungan seks yang selama ini dipahami publik.

Arti simbol jari jempol terjepit menurut Nikita Mirzani

Artis Cantik
Nikita Mirzani berpose sambil menunjukkan jari jempol terjepit. (Foto: Instagram @nikitamirzanimawardi_17)

Simbol itu, kata Nikita, merupakan simbol kesuburan yang ada di Meriam Jagur yang saat ini diabadikan di Museum Fatahillah di kawasan Kota Tua Jakarta.

“Kalau ditarik kebelakang sejarah jempol kejepit itu sangat panjang bahkan ini sudah trend ketika jaman majapahit bayangin ya jaman majapahit ketika loe semua belum jadi embrio malah, jadi yang ngaku gaul dan keren ketika pasang tangan dengan jempol kejepit, eh dongo! gue kasih tau ya, itu udah dipake waktu hayam wuruk masih jadi raja!” tulis Nikita di keterangan unggahan Instagramnya @nikitamirzanimawardi_17, Sabtu 15 Juni 2019.

“Sejarang singkatnya gini, pembesar Majapahit, Pamandana didekati perempuan gila. Dia memberi isyarat penuh makna: menjepit jempol tangan kanannya di antara jari telunjuk dan jari tengah,” terangnya.

Kisah ini, kata dia, termuat dalam novel sejarah Majapahit: Bala Sanggrama karya Langit Kresna Hariadi.

“Isyarat penuh makna tersebut jelas rekaan dan anakronisme. Sebab, bukti dari isyarat cabul itu baru terdapat pada meriam Si Jagur di Museum Fatahillah, Jakarta,” ungkap Nikita.

Meriam tersebut, lanjut Nikita menjelaskan, terbuat dari hasil melebur 16 meriam kecil, sebagaimana tulisan Latin pada meriam itu, Ex me Ipsa renata sVm (dari saya sendiri aku dilahirkan kembali).

“Julukan si Jagur sendiri diambil dari nama benteng suci Portugis, St Jago de Barra. Yang menarik, ada ciri unik pada meriam itu. Ada tangan dengan ibu jari terjepit yang tampak pada bagian belakang meriam tersebut,” ujarnya.

Arti lain dari simbol jari jempol terjepit

Artis Cantik
Nikita Mirzani. (Foto: insertlive)

Bahkan, kata Nikita Mirzani, ada yang menyebut bahwa simbol tersebut adalah wanita yang memakai gelang mutiara di pergelangannya.

“Mengapa dibentuk seperti itu? “Itu bahasa Portugisnya ‘mano in figa’, maksudnya lambang kepercayaan dan kesuburan, dan juga untuk mengejek orang Belanda yang saat itu menjadi musuh besar Portugis,” kata Nikita.

“Kendati sudah sejak lama tak ada lagi yang meminta kesuburan kepada Si Jagur, yang membekas di ingatan banyak orang adalah simbol sanggama: mano in fica,” tambahnya.

Ia pun menjawab alasan mengapa banyak orang yang menganggap simbol itu bermakna negatif.

“Karena masyarakat lebih tahu simbol ini adalah simbol senggama padahal apabila kita melihat sejarah yang ada itu bukan simbol senggama melainkan adalah meriam yang dipercaya memiliki kekuatan magic dan sering dipakai orang ritual meminta kesuburan,” pungkasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini