Aslama PTMA Gelar Studi Banding Pengelolaan Asrama Mahasiswa di IPB Bogor

Aslama PTMA Kunjungi Asrama Mahasiswa IPB Bogor

Terkini.id, Bogor – Rakornas Asosiasi Pengelola Asrama (Aslama) Perguruan Tinggi Muhammadiyah – Aisyiah (PTMA) yang diselenggarakan sejak 18 Agustus kemarin ditutup dengan kegiatan Studi Banding Pengelolaan Asrama di Institut Pertanian Bogor (IPB), Rabu, 21 Agustus 2019.

Studi banding tersebut dipimpin langsung oleh Dr Irwan Badilah, M Pd selaku Wakil Ketua Aslama dan Direktur Uhamka Dormitory bersama dengan 42 pengurus Aslama yang telah mengikuti pelatihan selama 3 hari.

Kunjungan itupun mendapat sambutan hangat dari Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan dan Pengasramaan IPB, Dr Zainal Abidin, M Agr.

Menurut Zainal, keberadaan asrama di IPB sebagai sarana pembinaan karakter building bagi mahasiswa. Asrama mahasiswa tidak sekadar untuk tempat tinggal semata namun asrama juga sebagai wahana program pembinaan akademik dan multibudaya mahasiswa.


“Program ini dimaksudkan untuk mempermudah mahasiswa beradaptasi dengan kehidupan kampus, dunia kemahasiswaan dan mengasah kemampuan soft skill mahasiswa, seperti dalam hal berkomunikasi, berorgansiasi dan memahami kemajemukan dimana para mahasiswa baru akan bertemu dan belajar bersosialisasi dengan mahasiswa dari berbagai daerah yang multietnik dan juga agama,” kata Zainal menyambut pengurus Aslama PTMA.

Sekadar diketahui, di IPB ada kebijakan Pimpinan untuk mewajibkan pada tahun pertama seluruh mahasiswa  baru untuk tinggal di asrama (student dormitory).

Asrama IPB mampu menampung mahasiswa sebanyak 4.000 orang. Fasilitas asrama juga dilengkapi dengan berbagai kebutuhan untuk menunjang kehidupan mahasiswa selama berkuliah. Diantaranya adalah kantin, kafetaria, rumah makan, wartel, rental komputer, tempat print, apotek serta kios/toko untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka.

Pada akhir kegiatan, rombongan pengurus Aslama serta Musyrif dan Musyrifah (pengelola) asrama PTMA melakukan visiting kunjungan langsung ke setiap asrama mahasiswa dan mahasiswi untuk melihat aktivitas mahasiswa yang melakukan kegiatan pembinaan dan akademik. Demikian laporan dari Pengurus Aslama PTMA dan Asmadina Unismuh Makassar, Dr Muhammad Ali Bakri, S Sos, M Pd melalui keterangan tertulisnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini