Bahas ‘Keras dan Panjang’, Yahya Waloni Dituding Mesum oleh Netizen: Ambigu Gak sih?

Terkini.id, Jakarta – Pendakwah Yahya Waloni kembali menjadi sorotan publik dan kini bahkan dituding mesum oleh netizen.

Hal itu bermula dengan beredarnya video ceramah Yahya perihal ia yang komplain ke panitia acara terkait “kursi gereja” agar diganti “kursi Islam”.

Adapun video tersebut diunggah di kanal YouTube Zhinyal Islam pada Minggu, 11 April 2021, bertajuk “Pesan Penting.!! Ustadz Yahya Waloni Menjelang Ramadhan 2021”.

Baca Juga: Keberadaan Yahya Waloni Dinilai Bahaya karena Bodohi Umat, Yusuf Muhammad:...

Di tengah ceramahnya, Yahya tiba-tiba meminta agar kursinya diganti karena menurutnya kursi empuk berukir yang ia duduki adalah “kursi gereja”.

Maka dari itu, ia pun meminta kursinya tersebut lekas diganti dengan kursi kayu biasa yang ia sebut dengan “kursi Islam”.

Baca Juga: Pendakwah Yahya Waloni Sebut PPKM Strategi Komunis, Ferdinand: Memang Sampah

Nah, di saat Yahya Waloni berdiri menunggu kursinya diganti oleh tiga orang panitia, ia pun menghabiskan waktu dengan melemparkan sebuah pertanyaan kepada jemaah ibu-ibu di hadapannya.

“Bu, Bu, mau ceramah keras atau lembek? Panjang atau pendek?” tanya Yahya Waloni, dikutip terkini.id.

Ibu-ibu jemaah yang hadir lantas menjawab dengan lantang bahwa mereka suka ceramah yang keras serta panjang.

Baca Juga: Sebut PPKM Strategi Komunis, Yahya Waloni: Jangan Taati Perintah Orang...

“Ah, keras, panjang lagi. Itulah orang Islam,” tanggap Yahya Waloni, tampak puas dengan jawaban jemaahnya. 

Nah, lantaran pertanyaan itulah Yahya Waloni kemudian dituding mesum oleh netizen karena dianggap ambigu dan menjurus ke arah “sana”.

“keras panjang? masuknya ke kalimat ambigu gak sih itu? dia males nyalahin kursi trs blgnya itu kursi cocokan di gereja? ya Allah ngelawak nih org,” komentar akun @yuaneka, dikutip terkini.id pada Kamis, 15 April 2021, via Twitter. 

“paling males kalo ada ceramah yang jokesnya menjurus ke hal mesum kaya gitu,” timpal akun @wannabeyours_x.

“mesum dan ngomongin agama non-muslim,” tulis akun @adiprasetia08.

“Kadang emg ada beberapa penceramah yang jokesnya kaya gini, jujur gasuka bgt. Mending fokus ceramah deh drpd ngejokes yg aneh2,” tutur akun @hvzrhayd.

“gak pantes banget buat seorang pemuka agama bikin jokes kaya gini tuh, lagian jokes kaya gini gak pantas juga sih dijadiin bahan jokes sama siapapun di khalayak umum,” imbuh akun @ailurophilcs.

Bagikan