Bahas Perkembangan Ilmu Bedah Mulut, FKG Unhas Gelar Pertemuan Dokter Gigi Indonesia

Terkini.id, Makassar – Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial wilayah Sulawesi dan Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin (FKG) bekerjasama dengan Smile Train melaksanakan Makassar Cleft Lip and Palate Scientific Meeting, Jumat hingga Sabtu, 10-11 Januari 2020, di Ball Room Lae-Lae Swiss-Belhotel, Makassar.

Kegiatan yang menghadirkan kurang lebih 70 peserta ini berasal dari dokter gigi, residen, dan dokter gigi Spesialis Bedah Mulut dan Maksilofasial yang berasal dari beberapa kota di Indonesia.

Mereka datang tidak hanya untuk sekedar menghadiri acara, tapi untuk berdiskusi mengenai pengalaman tentang kasus-kasus yang telah ditemukan dan ditangani.

Rangkaian acara yang diselenggarakan selama dua hari ini merupakan kegiatan semi Hands On, dimana kegiatan ini menghadirkan pembicara Internasional dari The Chung Gung University Hospital, Touyuan, Taiwan Prof. Lou-Jou Lo, MD.

Selain Prof. Lou, kegiatan ini juga menghadirkan pembicara Nasional diantaranya Dr. Nuskah Sudjana,drg.,Sp.BM(K). (Oral and Maxillofacial Department Padjadjaran University, Bandung) dan M. Syafruddin Hak, drg, MPH., Ph. D., Sp. BM (K). (Cleft Lip and Palate Center RS Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta).

Kegiatan Makassar Cleft Lip and Palate Scientific Meeting diawali oleh sambutan dari drg. A. Tajrin, M.Kes, Sp.BM(K) selaku Ketua Pabmi Wilayah Sulawesi Selatan.

Dalam sambutannya, drg. Tajrin sangat mendukung terselenggaranya kegiatan ini dan berharap kegiatan ini rutin dilaksanakan mengingat perkembangan Ilmu Bedah Mulut dan Maksilofasial yang selalu update mengikuti perkembangan kasus-kasus di masyarakat.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Dekan FKG Unhas, drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K)., sekaligus membuka kegiatan ini.

Dalam sambutannya, drg. Ruslin menjelaskan bahwa saat ini tidak hanya Konvensional Surgery yang dapat dilakukan tetapi saat ini banyak tindakan bedah yang telah dimodifikasi, mulai dari berkembangnya teknik-teknik pembedahan hingga kombinasi perawatan yang dilakukan bersama spesialis-spesialis bidang lain.

“Semoga kita dapat membangun center-center data kasus yang kita treatment dan FKG Unhas dengan senang hati bersedia menjadi pengumpul data Cleft Lip and palate yang dapat dijadikan Bank Data Indonesia serta bersedia pula untuk mengumpulkan data kasus pembedahan dari para pemateri yang selanjutnya kita jadikan Publikasi multy center study,” ujar drg. Ruslin, Sabtu, 11 Januari 2020.

“Kami infokan pula, center yang ada di Indonesia saat ini secara rutin telah merawat pasien celah bibir dan langit-langit,” lanjutnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dari para pemateri.

Prof. Lou-Jou Lo, MD menjelaskan tentang modifikasi bedah cleft lip and palate dengan metode Noordhoff yang telah dikembangkan (dimodifikasi) di Chang Gung University Hospital, Touyuan, Taiwan, dimana metode ini menurut Prof. Lou-Jou Lo, MD., dapat memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan metode-metode sebelumnya.

Pemateri selanjutnya yakni Dr. Nuskah Sudjana, drg., Sp.BM(K)., (Oral and Maxillofacial Department Padjadjaran University, Bandung dan Yayasan Pembina Penderita Celah Bibir dan Langit Bandung), membahas materi dengan judul Corrective Steps of Unilateral Cleft Lip and Jaw using Nutesu Technique, dimana teknik ini merupakan modifikasi dari teknik Millard yang sebelumnya biasa dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut dalam melakukan tindakan pembedahan cleft lip dan palatal.

Dr. Nuskah juga menjelaskan tentang tahapan tahapan yang berbeda dari tehnik millard dan juga perbedaan hasil tindakan operasi.

Citizen Reporter: Abdul Majid Asinu (Humas FKG Unhas)

Komentar

Rekomendasi

Lawan Corona, Mahasiswa KKN UINAM di Bulukumba Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Cegah Corona, Mahasiswa KKN UINAM Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Desa Datara Gowa

Begini Cara Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar Isi Waktu Saat di ‘Rumah Saja’

Makin Mewabah, Polbangtan Gowa Lakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh Di Gerbang Masuk Area Kampus

Mahasiswa UINAM Terpaksa Kuliah Online karena Wabah COVID-19

Direktur Polbangtan Gowa Bagi-bagi Masker, Vitamin Sekaligus Makan Bubur Kacang Ijo & Sarabba Bareng THL, Satpam dan Supir

Alumni FKG Unhas Sumbang Chamber Sterilizer untuk Rumah Sakit Sayang Bunda

Direktur Polbangtan Gowa: Tetap Produktif Walau Bekerja Dari Rumah

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar