Bahas Tips Menulis di Tengah Wabah Corona, FLP UMI Gelar Kelas Online

FLP
Kelas Menulis Online FLP UMI

Terkini.id, Makassar – Forum Lingkar Pena (FLP) Ranting Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang merupakan salah satu bagian dari organisasi kepenulisan terbesar di Indonesia telah melaksanakan kelas menulis online dengan tema “Rahasia Produktif Menulis Artikel di Masa Covid-19” yang dibawakan oleh Yanuardi Syukur, selaku Founder Rumah Produktif Indonesia serta Koordinator Litbang Badan Pengurus Pusat FLP, Sabtu, 4 April 2020, via WhatsApp grup.

Pandemi Covid-19 atau dikenal dengan sebutan corona ini memaksa semua orang untuk melakukan adaptasi, tak terkecuali para pelajar, organisasi dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Pemerintah pun mengimbau masyarakat untuk menerapkan social distancing serta menghindari kerumunan.

Presiden Joko Widodo telah menetapkan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penularan Covid-19.

“Saatnya kita kerja dari rumah, belajar dari rumah, ibadah di rumah. Inilah saatnya bekerja bersama-sama, saling tolong menolong, dan bersatu padu, gotong royong,” kata Presiden Joko Widodo pada 15 Maret, lalu.

Baca juga:

Sejalan dengan ini solusi yang ditawarkan pemerintah adalah dengan melaksanakan pembelajaran, perkerjaan kantor atau hal-hal lainnya secara daring (online).

Yanuardi Syukur, penulis 80 judul buku, menyajikan berbagai tips dan trik jitu rahasia produktif menulis artikel di tengah-tengah pandemi virus corona ini.

Menurutnya, cara produktif menulis itu diantaranya dengan perbanyak membaca dan menulis.

“Apa yang kita baca, itu yang nanti keluar di tulisan. Jika bacaannya bagus, yang keluar di tulisan juga bagus. Apa yang kita baca, yang kita rasakan bahkan, itu semua akan berpengaruh serta perbanyak latihan menulis. Pastinya menulis itu butuh latihan,” ujarnya dalam kelas menulis online FLP.

“orang bilang, seseorang itu bisa jadi hebat atau profesional jika telah punya minimal 10.000 jam terbang. Mungkin butuh bertahun-tahun latihan ya. Tapi memang betul. Mike Tyson bisa jadi raja di kelas berat ring tinju karena dia latihan. Begitu juga para petinju lainnya,” sambungnya.

Di penghujung kelas, moderator mengajak para peserta untuk bersama-sama berdoa kepada Allah SWT.

“Semoga kita beserta keluarga terhindar dari pandemi covid-19 ini serta selalu diberi kesehatan dan keselamatan oleh Allah SWT,” ujarnya.

Tak bisa dipungkiri, hadirnya kelas menulis online ini menuai berbagai respon positif dari kalangan pelajar dan hingga pegiat literasi.

“Kelas ini sangat bermanfaat bagi kami yang hanya bisa berkegiatan dirumah saja, karena membantu kita untuk tetap produktif selama berada di rumah, mengisi waktu luang kita serta mendapat ilmu baru juga,” ucap Ridwan, peserta asal Mamuju.

Demikian hal ini yang membuat pengurus Forum Lingkar Pena Ranting UMI berkomitmen untuk melanjutkan kegiatan ini untuk membantu dan menfasilitasi para pelajar serta teman-teman pegiat literasi selama masa Covid-19.

“Antusias teman-teman untuk bergabung dan belajar bersama di kelas menulis online ini sangat positif yah hingga jumlah peserta yang melebihi target kita yang semula 100 orang saja tapi yang join malah ada 248 orang, oleh karena itu kami juga selaku pengurus FLP Ranting UMI akan melanjutkan kelas ini hingga situasi sudah aman dari virus corona,” ujar salah satu pengurus FLP Ranting UMI.

Citizen Reporter: Ahmad Syauqi Dzulfikri (Ketua FLP Ranting UMI)

Komentar

Rekomendasi

Muslimah Wahdah se-Indonesia  Silaturahmi Virtual Akbar

Eratkan Silaturahmi di Tengah Pandemi, DPP KKB Gelar Halal Bihalal Virtual

Pj Wali Kota Makassar Ramaikan Lebaran Virtual Smansa 89 Makassar

Gladian Nasional Pecinta Alam Indonesia XV Resmi Ditunda

Kandaya Squad: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar