Makassar Terkini
Masuk

Basmin Mattayang dan Syukur Bijak Serahkan Dokumen Pemekaran Luwu Tengah ke Gubernur Sulsel

Terkini.id — Bupati dan Wakil Bupati Luwu, Basmin Mattayang dan Syukur Bijak menemui Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah, di rumah jabatan gubernur, Jalan Jendral Sudirman Makassar, Rabu 18 Desember 2019.

Basmin dan Syukur menyerahkan dokumen pemekaran Luwu Tengah ke Nurdin Abdullah untuk ditindaklanjuti ke pemerintah pusat.

“Insyaallah pak gub sendiri yang akan mengantarkan langsung dokumen pemekaran Luwu Tengah ke Presiden,” kata Basmin Mattayang, di wawancara usai menemui Nurdin Abdullah.

Menurut Basmin, Gubernur Nurdin Abdullah akan memberikan perhatian khusus terkait permintaan masyarakat Luwu untuk pemekaran.

Sementara itu, Syukur Bijak mengungkapkan bahwa usulan pemekaran Luwu Tengah digodok sejak tahun 2006 lalu sampai saat ini.

“Semua dokumen pemekaran sudah lengkap, termasuk rekomendasi dari DPD RI yang terlampir dalam dokumen tersebut,” kata Syukur Bijak.

Menurutnya, ada dua alasan mendasar untuk mengusulkan pemekaran, yang pertama memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Wilayah Luwu itu dipisahkan dengan Kota Palopo, sehingga masyarakat di wilayah utara mau urus KTP itu harus menempuh perjalanan sekitar 100 Km, sehingga harus bermalam di Belopa selama dua hari,” ujar politisi Partai Demokrat ini.

Mengenai kesiapan infrastruktur, kata Syukur, sudah mendukung baik dari segi infrastruktur jalan, sekolah, rumah sakit dan lain-lainnya.

“Syarat untuk pemekaran itu minimal 5 kecamatan, sementara kita mengusulkan 6 kecamatan dengan jumlah penduduk 140 ribu jiwa,” pungkasnya.