Bawaslu Buka Pendaftaran Panwascam Pilkada Bulukumba 2020, Berikut Jadwalnya

Ketua Bawaslu Bulukumba, Ambo Radde Junaid, SE.

Terkini.id,Bulukumba –  Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bulukumba akan membuka pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk pengawasan pelaksanaan Pilkada Bulukumba 2020 mendatang.

Pembukaan pendaftaran Panwascam tersebut akan dimulai 27 November 2019 hingga 3 Desember 2019 mendatang.

“kita sudah menerima pedoman pembentukannya dari Bawaslu RI. Pedoman tersebut dimuat dalam Surat Keputusan Ketua Bawaslu RI nomor 0883/K.BAWASLU/KP.01.00/XI/2019” kata Ketua Bawaslu Bulukumba, Ambo Radde Junaid, SE.

Lanjut Ambo Radde menyampaikan bahwa sesuai dengan surat keputusan tersebut, pembentukan panwascam ini dilakukan melalui proses penjaringan dan penyaringan secara terbuka, pemilihan dan penetapan.

“Kami berharap masyarakat Bulukumba dapat menyukseskan ini,” jelas Ambo.

Diketahui untuk pendaftaran Panwascam tersebut tentunya memiliki beberapa persyaratan. Adapun syarat untuk menjadi anggota Panwascam ini berusia paling rendah 25 tahun, tidak pernah menjadi anggota partai politik atau telah mengundurkan diri dari anggota partai politik sedikitnya lima tahun.

Kemudian pada saat mendaftar juga tidak pernah menjadi anggota tim kampanye salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden, calon anggota DPR, DPD, DPRD serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah sekurang-kurangnya dalam jangka lima tahun.

“Dan yang terakhir adalah bersedia mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan pemerintahan atau BUMN/BUMD selama masa keanggotaan apabila terpilih,” tambah Ambo Radde.

Oleh karena itu, Ia mengajak kepada seluruh masyarakat serta putra-putri terbaik Bulukumba yang memiliki integritas agar dapat ambil bagian menjadi pengawas pemilu di tingkat kecamatan.

“Salah satu syarat untuk menjadi pengawas Ad hoc adalah non partisan. Pengawas Pemilu harus memiliki Integritas, karena kalau pengawas ‘masuk angin’ sangat bahaya sekali dan akan menimbulkan banyak masalah dan menciderai integritas penyelenggara pemilu.

Ia juga mengatakan bahwa kesuksesan dalam mengawasi Pemilu 2019 yang lalu ini karena seluruh jajaran pengawas pemilu menjaga integritasnya, sehingga Integritas menjadi hal utama bagai calon pengawas kecamatan demi suksesnya pilkada 2020 tahun depan.

Berita Terkait
Komentar
Terkini