Bayar Pajak Kendaraan Bisa di Indomaret via Bank Sulselbar, Begini Caranya

Plt Kepala Bapenda Sulsel Denny Irawan usai meresmikan layanan pembayaran pajak KKB di Indomaret, Senin 11 Maret 2019.(ist)
Plt Kepala Bapenda Sulsel Denny Irawan usai meresmikan layanan pembayaran pajak KKB di Indomaret, Senin 11 Maret 2019.(Humas Pemprov Sulsel)

Terkini.id, Makassar – Ada 446 gerai Indomaret di Sulawesi Selatan kini bisa melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor (KKB) warga Sulsel. Tak perlu antre lagi.

Dengan tersedianya layanan tersebut, warga tinggal mengunjungi minimarket tersebut, transaksi di fasilitas pembayaran ‘layar sentuh’ Indomaret, kemudian bayar di kasir dan menerima resi pembayaran.

“Setelah sebelumnya bisa bayar lewat ATM Bank Sulselbar, mobile banking hingga bisa cicil pajak kendaraan lewat ‘Kredit Si Pijar’, kini bisa bayar pajak kendaraan di Indomaret,” terang Direktur Pemasaran dan Syariah Bank Sulselbar, Rosmala Arifin, usai peluncuran fasilitas transaksi tersebut di gerai Indomaret Boulevard, Senin 11 Maret 2019.

Uang yang dibayar oleh wajib pajak di Indomaret, akan masuk ke kas pemerintah daerah yang dikelola sebagai Dana Pihak Ketiga (DPK) oleh Bank Sulselbar.

Plt Kepala Bapenda Sulsel Denny Irawan mencoba fasilitas pembayaran lewat e-Kios Indomaret.
Plt Kepala Bapenda Sulsel Denny Irawan mencoba fasilitas pembayaran lewat e-Kios Indomaret.

Peluncuran fasilitas pembayaran pajak kendaraan melalui gerai Indomaret tersebut, dilakukan atas kerja sama Bank Sulselbar, Indomaret, pihak Kepolisian dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulawesi Selatan.

Deputy Branch Manager Indomaret Makassar, Santoro Sigit mengungkapkan, ada 446 gerai di Sulsel yang menerima layanan pembayaran pajak kendaraan tersebut.

Untuk pembayaran di minimarket tersebut, pihak Indomaret memungut biaya administrasi hingga Rp 4.000 per transaksi.

Dia menjelaskan, wajib pajak yang datang ke Indomaret, bisa mendatangi mesin pembayaran e-Kios (monitor layar sentuh), kemudian memilih fitur pembayaran pajak kendaraan.

Setelah itu, masukkan kode bayar atau plat kendaraan, lalu bayar di kasir.

Selengkapnya, Santoro mempersilahkan pengguna untuk meminta bantuan petugas Indomaret.

“Kami sudah pengalaman dalam pembayaran beberapa tagihan. SDM sendiri sudah kita beri pelatihan khusus,” katanya.

Pengesahan Tetap ke Kantor Samsat

Meski begitu, setelah membayar pengguna tetap dipersilahkan ke kantor pelayanan Samsat terdekat, untuk melakukan pengesahan atau pengisian empat kolom pada STNK.

“Tetap pergi ke samsat untuk pengesahannya,” terang Humas Bank Sulselbar, Syarifuddin Saparuddin.

Peluncuran pembayaran kredit kendaraan bermotor tersebut turut dihadiri Plt Kepala Bapenda Sulsel Denny Irawan, Direktur Umum Irmayanti Sulthan dan Pemimpin Grup IT Bank Sulselbar, Muhammad Iqbal.

Berita Terkait
Komentar
Terkini