Beberapa TK Tidak Terima BOP Tahap Pertama, Kwitansi Pencairan Sudah di Tandatangani

Terkini.id, Jeneponto – Dana bantuan operasional (BOP) TK dan PAUD semester pertama di Kabupaten Jeneponto telah cair, namun tidak semua TK dan PAUD yang sudah mengikuti sosialisasi  dan menandatangani berkas pencairan menerima dana tersebut.

Terdapat beberapa TK dan PAUD yang tidak menerima, diantaranya TK Hj Sitti Aminah yang berlokasi di Pannara, Kelurahan Empoang Selatan, Kecamatan Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

“Hal ini diluar dugaan, setelah saya ke Bank Sulselbar Jeneponto ternyata dana tidak masuk di rekening,” kata Kepala TK Sitti Aminah, Sutrayanti Bachtiar kepada terkini.id, Kamis, 15 Juli 2021.

Baca Juga: Bupati Jeneponto Lantik PP KKT Periode 2021-2026, ini Harapannya

Menurutnya, dia telah mengikuti sosialisasi penggunaan dana BOP dan bahkan telah menandatangani berkas pencaira diatas materai.

“Padahal saya sudah tanda tangani NPHD dan kwitansi pencairan BOP Tahap 1 Melalui Ketua PKG dan TK saya tertera dalam penetapan penerima, jadi buat apa kita diarahkan menandatangani kwitansi pencairan dana BOP tahap I,” kata Sutrayanti.

Baca Juga: Pemangku Adat Bangkala Tolak Pelantikan Karaeng Barana

Sementara Ketua PKG Kecamatan Binamu,
Muhammad Husni syam, saat dikonfirmasi lewat telepon whatsappnya, Kamis, 15 Juli 2021 sekitar pukul 15.40 WITA mengaku tidak tahu apa kendala sehingga 2 lembaga di wilayahnya tidak menerima BOP tahap I.

“Saya tidak tahu, karena sebelumnya tidak pernah terjadi, padahal mereka sudah tandatangani NPHD dan kwitansi pencairan BOP tahap pertama, kalau di Binamu ada 2 lembaga yang tidak masuk dananya,” ungkap Husni.

Husni mengaku lembaga yang tidak dapat BOP tahap pertama itu tercantum dalam SK yang ditanda tangani oleh Bupati Jeneponto.

Baca Juga: Pemangku Adat Bangkala Tolak Pelantikan Karaeng Barana

“Ada SK  TK/PAUD yang ditanda tangani pak Bupati, 2 lembaga itu pasti termasuk dalam SK Bupati TK/PAUD penerima BOP,” terang Husni.

Sementara Kasi TK/PAUD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jeneponto, Suaib Bilu saat dikonfirmasi membenarkan adanya beberapa TK dan PAUD yang tidak menerima dana BOP tahap pertama.

“Iya, ada beberapa lembaga, kami hanya mengajukan kebagian keuangan, namun setelah pihak keuangan memverifikasi, katanya 11 lembaga yang tidak terdaftar di DPA,” jelas Suab.

Sedangkan Kasubag Keuangan Disdikbud Jeneponto, yang dikonfirmasi lewat whatsappnya membenarkan adanya TK yang tidak terakomodir dalam DPA.

“Setelah kami cek di DPA pokok, ada TK yang belum terakomodir di DPA, dari daftar yang diberikan oleh PPTKnya,” kata Jufri.

Dia pun menyampaikan jumlah dana BOP TK PAUD tahap pertama,”yang kami ajukan SPP, SPMnya sebesar Rp. 3.039.000.000 TK/Paud untuk PAUD Negeri dan Swasta,” tutup.

Bagikan