Begini Cara Dosen UMI Tangkal Hama Jeruk di Pangkep

Sejumlah dosen dari Universitas Muslim Indonesia melakukan edukasi di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan

Terkini.id,Makassar – Sejumlah dosen dari Universitas Muslim Indonesia melakukan edukasi di Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat dan Dakwah (PKMD) bagi dosen pemula telah dilaksanakan di desa Padang Lampe Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep.

Tim dosen pelaksana kegiatan ini masing-masing Dr. Hasnaeni, S.Si., M.Sc., Apt (Fakultas Farmasi UMI) dan H. Muh. Nur, SE., M.Ak (Fakultas Ekonomi UMI).

Tim dosen pelaksana kegiatan, Dr. Hasnaeni, S.Si mengatakan dilakukannya kolaborasi antara Fakultas Farmasi dan Fakultas Ekonomi ini karena berdasarkan analisis situasi sebelum dilakukan PKMD ini diketahui adanya permasalahan pada menurunnya pendapatan dan adanya hama/penyakit yang sering menyerang tanaman jeruk.

“Sasaran pengabdian adalah masyarakat petani jeruk yang tergabung dalam kelompok tani Mappideceng Desa Padang lampe. Dalam kegiatan PKMD ini dilakukan edukasi tentang Pemaanfaatan pestisida alami atau pestisida nabati kepada kelompok tani jeruk,” ujarnya.

Dikatakan Hasnaeni bahwa pemanfaatan pestisida alami diupayahkan untuk memanfaatkan bahan alami dari tumbuhan sebagai bahan yang dapat membasmi hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman terutama tanaman jeruk.

“Pada kegiatan PKMD ini juga dilakukan penyuluhan tentang Strategi pemasaran untuk meningkatkan pendapatan kelompok tani,”tuturnya.

Sementara H. Muh. Nur, SE., M.Ak dosen Fakultas Ekonomi UMI mengatakan  beberapa strategi pemasaran yang dapat diberikan adalah Mengenali pelanggan, melakukan promosi, memilih lokasi yang strategis, menggunakan internet marketing, website, blog, facebook dan situs lain dan menjalin hubungan yang baik dengan konsumen.

“Kegiatan PKMD ini dihadiri oleh masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani jeruk  Mappideceng Desa Padang Lampe Kabupaten Pangkep,”jelasnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Milenial

Permitech Expo Akan Digelar di Makassar

Terkini.id, Makassar – Permitech Expo wadah bagi mahasiswa informatika, sistem informasi, ilmu komputer, dan manajemen informatika di seluruh Indonesia akan digelar di Kota Makassar.Andi
Kampus

Pengurus Baru KMS UNM Resmi Dilantik

Terkini.id, Makassar - Pengurus Kesatuan Mahasiswa Sinjai Universitas Negeri Makassar (UNM) resmi dilantik. Pelantikan yang dirangkaikan dengan rapat kerja tersebut bertempat di Menara Phinisi