Begini Cara Pemda Jeneponto Dukung Program Pamsimas III

Bupati Kabupaten Jeneponto Iksan Iskandar membukan Pelatihan penguatan kapasitas Pemerintah Desa dan Kecamatan melaui program Pamsimas III Kabupaten Jeneponto tahun anggaran 2019, di hotel Valintene jalan Pahlawan Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu, Rabu, 19 Juni 2109.

Terkini.id,Jeneponto – Bupati Kabupaten Jeneponto Iksan Iskandar membukan Pelatihan penguatan kapasitas Pemerintah Desa dan Kecamatan melaui program Pamsimas III Kabupaten Jeneponto tahun anggaran 2019, di hotel Valintene jalan Pahlawan Kelurahan Empoang Kecamatan Binamu, Rabu, 19 Juni 2109.

Pelatihan yang diikuti 49 Kepala Desa, 2 Kepala Kelurahan dan 11 Kepala wilayah Kecamatan itu dilaksanakan untuk tujuan yang terhadap meningkatnya komitmen aparat Kecamatan dan aparat desa untuk melaksanakan perannya dalam mendukung program Pamsimas.

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, dalam sambutannya, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pamsimas Kabupaten Jeneponto, yang dapat lebih menguatkan pendalaman tupoksi para aparat desa, Kelurahan dan kecamatan di Kabupaten Jeneponto.

“Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada koordinator dan semua pihak Pamsimas, tingkatkan terus kerjasama dan pelatihan ini dalam bentuk pelatihan dan pendidikan agar kita mendapatkan aparat-aparat yang dapat melaksanakan tugas-tugas yang lebih baik dan berkualitas,” jelas Iksan Iskandar.

Iksan juga berharap agar  terus lebih meningkatkan penguatan aparat desa dan kelurahan serta kecamatan dalam bentuk pelatihan dan pendidikan sehingga aparat desa, Kelurahan dan Kecamatan lebih memahami peran dan fungsinya dalam mengelola tata pemerintahan di wilayahnya masing-masing.

“Berikan ilmu dan keterampilan kepada aparat desa, kelurahan serta kecamatan dengan baik, yang terpenting dalam  pelatihan ini tercipta transfer perpindahan keterampilan dari pembawa materi kepada peserta pelatihan,” terangnya.

Ia juga meminta agar dilakukan pendekatan-pendekatan persuasif dengan berikan contoh-contoh praktis yang didapati di lapangan sehingga teman-teman.

“Insya Allah akan mudah untuk menterjemahkan semua pelatihan ini dan tugas-tugas dalam melaksanakan tugas ke depan,” lanjut Iksan.

Sementara koordinator Pamsimas Kabupaten Jeneponto, Fredy Multirama La’lang menyampaikan, rencana kerja masyarakat di dalam penganggaran dana desa dengan tujuan meningkatkan akses air minum dan sanitasi sesuai dengan rencana program jangka menengah nasional dan rencana program jangka menengah daerah Kabupaten Jeneponto.

“akses 100 persen air l, minum 0 kemiskinan dan 100% sanitasi dasar pelaksanaan kegiatan yang pertama ruang lingkup program Pamsimas mencakup 5 komponen program yang didalamnya mencakup pemberdayaan masyarakat pengembangan kelembagaan daerah,vpeningkatan perilaku higenis atau bersih dan pelayanan sanitasi, penyediaan sarana air minum dan sanitasi umum, hibah insentif desa dan kabupaten serta dukungan manajemen pelaksanaan program dasar pelaksanaan kegiatan,” ungkap Fredy Multirama.

Menurutnya, selama program Pamsimas Hadir di kabupaten Jeneponto pada  tahun 2013  sampai 2018, telah melaksanakan program di fisik di 51  desa dan kelurahan.

“Pelayanan air minum dan sanitasi telah menjadi urusan wajib Pamsimas untuk mendukung kapasitas pemerintah daerah dalam menyediakan layanan air minum dan sanitasi yang memenuhi standar pelayanan,” imbuhnya.

“SM program Pamsimas berperan dalam menyediakan dukungan finansial maupun investasi fisik dalam bentuk sarana dan prasarana maupun investasi non fisik dalam bentuk manajemen dukungan teknis dan pengembangan kapasitas,” sambungnya.

Narasumber dalam pelatihan itu, Kepala Dinas PMD Kabupaten Jeneponto, Kabid Dispora Bappeda, Kabid pemerintah Desa Dinas pemberdayaan Kabupaten Jeneponto dan beberapa pemateri lainnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini