Begini Respon AIESEC Indonesia Terhadap Wabah Covid-19

Salah satu organisasi yang fokus dipertukaran budaya, AIESEC Unhas menggelar Festival Budaya Internasional

Terkini.id, Makassar – Sehubungan dengan himbauan pemerintah dimana angka kasus Covid-19 dapat terus meningkat tajam dalam beberapa hari kedepan, AIESEC Indonesia sangat menaruh perhatian pada kasus ini.

“Dalam organisasi kami, kami selalu menaruh kepercayaan dalam diri setiap pemuda sebagai kunci untuk membuka masa depan yang lebih baik dan kepercayaan kami bahwa jiwa kepemimpinan merupakan solusi fundamental yang dapat dikembangkan dalam diri setiap orang,” beber Muhammad Rizqullah dalam keterangan tertulis yang diikirim ke redaksi terkini.id.

Untuk menanggapi kasus ini, kata Rizqullah AIESEC Indonesia telah mengambil beberapa langkah untuk mengelola kondisi yang tengah berkembang atas pandemik ini dikarenakan AIESEC Indonesia selalu menempatkan keamanan dan kesehatan pihak-pihak yang terlibat dengan dalam prioritas utama.

Sejak awal Maret, AIESEC Indonesia sudah mulai menjalankan beberapa perencanaan dan aktivitas untuk secara rutin memonitor perkembangan dan menyiapkan beberapa perubahan jika nantinya diperlukan.

“Sampai sejauh ini, Covid-19 belum berdampak secara keamanan dan kesehatan terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan kami. Dengan itu, kami memiliki komitmen untuk terus melindungi dan menjaga pihak-pihak tersebut,”jelas dia.

Adapun langkah yang sedang diambil AIESEC ambil:

Untuk Bantuan Yang Kami Lakukan

AIESEC Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran tentang SDG (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) nomor 3: Good Health and Wellbeing adalah salah satu cara kami dalam berkontribusi terhadap isu global COVID-19 untuk membantu mengobati mereka yang sakit dan membantu negara kami untuk mencapai tujuan.

Untuk Rekan Kami

AIESEC Indonesia sangat mendorong untuk memastikan keselamatan terlebih dahulu dengan mengikuti saran pemerintah, penjarakan sosial, bekerja dari rumah, menghindari keramaian, mempraktikan kebersihan yang baik dengan sering mencuci tangan, menghindari kontak dekat dengan orang yang sakit.

Selain itu, membersihkan dan mendesinfeksi permukaan, tinggal di rumah dan menjauhi orang lain ketika anda sakit, dan menghindari penyebaran infeksi dengan menutup mulut & hidung saat batuk atau bersin. Untuk tips lebih detail dapat dilihat di World Health Organisation.

Kegiatan Operasional AIESEC

AIESEC Indonesia menunda program pertukaran baik partisipan yang akan berangkat ke dalam negeri maupun ke luar negeri hingga 1 Juli 2020 dan mengubah seluruh jadwal realisasi kegiatan AIESEC yang tersedia di portal aiesec.org secepatnya pada tanggal 1 Juli 2020.

Maka dari itu, tidak akan ada peserta AIESEC yang pergi kedalam dan keluar Indonesia sampai tanggal yang disebutkan. AIESEC Indonesia juga terus memantau kondisi kesehatan dan keamanan partisipan program AIESEC yang sedang berada di dalam dan di luar Indonesia.

“Kami mengupayakan untuk memulangkan mereka ke negara asalnya. Kami akan terus mengevaluasi dan memantau situasi dan perkembangan dari COVID-19 juga arahan dan rekomendasi dari pemerintah. Maka dari itu, tanggal tercepat realisasi program AIESEC terbilang tentatif,” paparnya.

“Untuk Kedepannya, kami mengucapkan terima kasih untuk seluruh pihak yang telah memberikan semangat dan dukungan untuk mengatasi masalah ini,” urainya.

Diketahui bahwa saat ini, AIESEC Indonesia sedang membuat dan menyiapkan protokol-protokol operasional sebagai langkah antisipasi meluasnya wabah.

“Dalam situasi seperti ini, kami sangat terinspirasi dan belajar atas sisi kemanusiaan dan tekad dari

berbagai pihak untuk selalu menjaga satu sama lain. Kami percaya bahwa hal ini dapat menjawab pertanyaan akan betapa pentingnya diri kita semua untuk benar-benar membantu satu sama lain dan membuat masa depan lebih baik,” tegasnya.

Komentar

Rekomendasi

Masika ICMI Makassar: Kas Masjid untuk Amal Jariyah Hadapi Covid-19

ACT Sulsel Kolaborasi Satgas IDI Makassar Tanggap Covid-19

Masika ICMI Sulsel Bagi Masker dan Cairan Hand Sanitizer ke Pengendara

57 Organisasi dan Komunitas Berkontribusi dalam Aksi Bersama Bersih Pantai Tanjung Bayang

Peduli Covid-19, Jurnalis Makassar Bergerak Bantu Tenaga Medis dan Nonmedis

Di Tengah Wabah Covid-19, IJS Peduli Bantu Masjid di Lembanna Malino

57 Organisasi dan Komunitas Berkontribusi dalam Aksi Bersama Bersih Pantai Tanjung Bayang

57 Organisasi dan Komunitas Turut Berkontribusi dalam Aksi Bersih Pantai Tanjung Bayang

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar