Benarkah Pasien Corona Sembuh Bisa Tularkan Penyakitnya Lagi? Ini Kata Jubir Covid-19

Corona
Jubir Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. (Foto: Kontan)

Terkini.id, Jakarta – Meskipun sudah sembuh, rupanya masih ada mantan pasien corona yang kerap kali mendapat stigma negatif. Mereka masih tetap dijauhi. Apakah pasien yang sudah sembuh masih bis menularkan penyakitnya?

Pemerintah telah menegaskan bahwa mereka yang sudah sembuh dari Corona tidak akan menularkan penyakitnya lagi.

“Kami mohon kepada masyarakat untuk paham betul bahwa pasien-pasien COVID-19 yang sudah sembuh, mereka tidak akan menularkan penyakitnya lagi,” kata Yuri dalam konferensi pers yang digelar di akun YouTube BNPB, Sabtu 18 April 2020.

Yuri memastikan setiap pasien virus Corona yang dinyatakan sembuh telah melewati protokol dan persyaratan kesehatan yang ketat. Protokol dan persyaratan tersebut yang membuat pihaknya yakin para pasien tersebut telah dinyatakan negatif dari Corona.

“Tidak akan menularkan penyakitnya lagi karena persyaratan sembuh diyakinkan bahwa dia sudah negatif (virus Corona) di dalam tubuhnya,” imbuhnya.

Menarik untuk Anda:

Kasus Corona di Indonesia Telah Mencapai 6.248

Kemarin, pemerintah juga mengumumkan penambahan jumlah kasus positif Corona yang telah dinyatakan sembuh. Per 18 April, terdapat total 631 kasus virus Corona yang dinyatakan sembuh.

“Ada 24 kasus sembuh baru sehingga totalnya menjadi 631 kasus,” pungkas Yuri.

Diketahui bahwa Provinsi DKI Jakarta menjadi wilayah dengan sebaran pasien sembuh terbanyak yakni 205, disusul Jawa Timur sebanyak 96, Jawa Tengah 44, Sulawesi Selatan 43, Jawa Barat 41, Bali 36 dan wilayah lain di Indonesia sehingga total mencapai 631 pasien.

“Kita bersyukur ada 205 di DKI Jakarta, 96 orang ada di Jawa Timur, 44 ada di Jawa Tengah, ada 43 di Sulawesi Selatan, ada 41 Jawa Barat, total dari keseluruhan provinsi lainnya adalah sebanyak 631 pasien,” ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 Achmad Yurianto di Jakarta.

Dari total kasus sembuh dan meninggal tersebut, ada pula penambahan untuk kasus positif sebanyak 325 orang hingga total menjadi 6.248.

Jumlah penambahan kasus positif tersebut juga semakin sedikit apabila dibanding hari sebelumnya yakni mencapai 406 orang. Dalam hal ini Pemerintah semakin yakin bahwa COVID-19 dapat dicegah dan disembuhkan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Anies Kesal Anak Buahnya Terbitkan KTP untuk Djoko Tjandra: Dia Sudah Nonaktif

Kematian Editor Metro TV Masih Misteri, Polisi Sudah Periksa 12 Orang

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar