Bendungan Leko Pancing Perlahan Normal, Perumda Air Minum Angkat 2 Pompa Cadangan

Terkini.id, Makassar – Hujan yang kerap mengguyur daerah Maros belakangan ini membawa manfaat bagi masyarakat Makassar. 

Stok air baku Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Makassar di Bendungan Leko Pancing yang berada di Kabupaten Maros perlahan normal.

Kelala Bagian Humas Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Makassar, Muh. Rusli mengatakan dua unit pompa air di Moncongloe untuk mencari sumber air cadangan dan menyuplai 5 kecamatan sudah diangkat. 

“Hujan dari bulan Oktober lalu sangat membantu ketersediaan air baku Bendungan Leko Pancing karena itu otomatis menambah debit air yang masuk di instalasi IPA dua Panaikang dan IPA tiga Antang,” ujar Rusli, Selasa, 17 Juli 2020.

Mungkin Anda menyukai ini:

Sebanyak 5 kecamatan yang sebelumnya  kekeringan air, mulai dari Kecamatan Manggala, Ujung Tanah, Tallo, Tamalanrea, hingga sebagian Panakukkang kembali normal.

Baca Juga: PDAM Makassar Lepas Tim Peduli Bencana ke Sulbar

“Air dari Bendungan Leko Pancing sudah bisa sampai di Makassar,” kata Rusli.

Kendati PDAM masih berproduksi sekitar 800 liter per detik. Rusli mengatakan, pada musim normal debet air baku dibendungan Leko Pancing yang diproduksi menjadi air bersih mampu mencapai 1250 liter per detik.

“Prediksi BMKG benar, akhir Oktober-September sudah ada fluktuasi Sudah masuk musim pancaroba,” ungkapnya.

Baca Juga: Perbaikan Pipa di Jl Urip Sumoharjo, Ini Kecamatan yang Terdampak...

Rusli menyebutkan, ada lima kecamatan yang bergantung pada Bendungan Leko Pancing di antaranya, Kecamatan Ujung Tanah, Tallo, Biringkanaya, Tamalanrea dan sebagian Kecamatan Panakukang.

“Untuk kondisi saat ini menurut laporan terakhir dari pengelola instalasi, itu air yang masuk dari Sungai Maros (Leko pancing) ke intake PDAM itu sudah mencapai 825 liter per detik,” pungkasnya.

Bagikan