Berangkat ke Australia, Kader IMM Sulsel Lolos Program Pertukaran Tokoh Pemuda Muslim

IMM Sulsel
Kader IMM Sulsel Nirwana lolos pada ajang program pertukaran tokoh pemuda Muslim di Australia

Terkini.id, Makassar – Salah satu kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sulsel, Nirwana lolos pada ajang program pertukaran tokoh pemuda Muslim di Australia mewakili Provinsi Sulawesi Selatan.

Program yang bernama Australia-Indonesia Muslim Exchange Program 2019 (AIMEP) ini bakal dilaksanakan, Minggu, 16 Juni 2019 hingga 30 Juni, mendatang.

Nirwana menjelaskan, program ini diadakan setiap tahun oleh Australia Indonesia Institute, dengan melakukan pertukaran tokoh pemuda Muslim di antara kedua negara.

Menurutnya, pada bulan April lalu sebanyak 5 tokoh pemuda Muslim Australia sudah berkunjung ke Indonesia untuk melihat bagaimana praktek kebergamaan yang ada di Indonesia.

“Dan alhamdulilah kami berlima tokoh pemuda muslim terpilih yang di seleksi dengan ketat akan mewakili Indonesia akan berangkat ke Australia,” ungkap Nirwana saat dikonfirmasi ketika ingin berangkat ke Jakarta, Kamis, 13 Juni 2019.

Tokoh pemuda muslim yang terpilih akan belajar praktek keberislaman di Australia

Tak hanya itu, Nirwana yang biasa disapa Immawati Waddah ini mengatakan pula bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah dalam rangka melihat bagaimana praktek keberislaman di Australia.

“Yah melihat bagaimana mereka merawat tolenrasi serta bagaimaa mereka di hidup sebagai seorang Muslim di negara minoritas Islam,” tuturnya.

Lanjut Dosen UIN Makassar ini mengatakan bahwa program ini akan berlangsung selama 2 pekan, namun sebelumnya para peserta akan mendapatkan briefing di Kedutaan Australia pada 14 Juni 2019, besok.

“Insyallah di Australia para peserta akan berkunjung ke 3 negara bagian yakni Melbourn, Canberra dan Sydney, dijadwalkan kami akan mengunjungi beberapa organisasi Islam, sekolah dan komunitas serta kampus yang ada di 3 negara tersebut,” kata Nirwana yang juga Pengurus Pimpinan Wilayah (PW) Nasyiatul ‘Aisyiyah Sulsel.

“Setiap tempat yang dikunjungi di sana kita akan melakukan diskusi dan bertukar informasi tentang praktek keberislaman,” tutup Nirwana yang mendapatkan Rekomendasi Muhammadiyah atas kepergiannya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini