Berapa Berat Bumi Jika Ditimbang? Ini Jawaban dari Ilmuwan

Berat Bumi
Ilustrasi

Terkini.id – Bumi adalah planet ketiga dari Matahari yang merupakan planet terpadat dan terbesar kelima dari delapan planet dalam Tata Surya. Bumi juga merupakan planet terbesar dari empat planet kebumian Tata Surya. Bumi terkadang disebut dengan dunia atau Planet Biru.

Bumi terbentuk sekitar 4,54 miliar tahun yang lalu, dan kehidupan sudah muncul di permukaannya paling tidak sekitar 3,5 miliar tahun yang lalu.

Biosfer Bumi kemudian secara perlahan mengubah atmosfer dan kondisi fisik dasar lainnya, yang memungkinkan terjadinya perkembangbiakan organisme serta pembentukan lapisan ozon.

Lapisan ozon tersebut bersama medan magnet Bumi menghalangi radiasi surya berbahaya dan mengizinkan makhluk hidup mikroskopis untuk berkembang biak dengan aman di daratan. Sifat fisik, sejarah geologi, dan orbit Bumi memungkinkan kehidupan untuk bisa terus bertahan.

Jika Bumi adalah planet terbesar dari empat planet di tata surya, lantas berapakah berat Bumi? Dilansir dari berbagai sumber, simak jawabannya berikut ini.

Berat Bumi
Ilustrasi Bumi

Berat Bumi

Perhitungan berat Bumi ini dipercaya lebih mudah dibandingkan perhitungan populasi yang ada di dalamnya.

Pada tahun 1798, orang pertama yang melakukan perhitungan berat Bumi ini adalah seorang ilmuwan terkemuka, Henry Cavendish.

Cavendish melakukan sebuah eksperimen dengan alat yang dibuatnya sendiri yang tampak seperti dumbel besar dengan bola yang menempel pada ujung tongkat dengan enam kaki penyangga.

Pendekatan yang dilakukan Cavendish adalah dengan mengukur seberapa keras gravitasi Bumi menarik berat yang diukurnya dari dumbel besar tersebut dalam suatu perbandingan skala.

Osilasi menjadi acuan dalam mengukur gaya gravitasi bola yang lebih besar pada bola yang lebih kecil. Jika massa jenis bola dapat diketahui, maka rasio dari dua kekuatan tersebut dapat digunakan untuk menentukan massa jenis Bumi (volume/massa).

Cavendish menemukan dan melaporkan bahwa massa jenis Bumi ternyata 5,48 kali lebih besar dari massa jenis air.

Dengan mengetahui massa jenis tersebut maka berat Bumi dapat diketahui dengan mengalikan volumenya. Hasilnya, didapatkan bahwa berat Bumi berkisar di angka 5,972 × 10^24 kg.

Berita Terkait
Komentar
Terkini