Masuk

Berbeda dengan Maskapai Lain, Begini Sistem Penulisan Waktu Boarding Pass Batik Air

Komentar

Terkini.id, Makassar – Peristiwa seorang penumpang pesawat Batik Air rute Makassar-Cengkareng (UPG-CGK) dengan nomor penerbangan ID 6183B, Suriani Echal Panca, mendapat respon dan klarifikasi dari pihak Maskapai.

Lewat keterangan tertulisnya yang diterima terkini.id, Minggu 17 Februari 2019, Corporate Communications Strategic of Batik Air (Lion Air Group), Danang Mandala Prihantoro, mengatakan penulisan “2015” yang tertera dalam boarding pass menunjukkan waktu keberangkatan penerbangan.

“Artinya pesawat Batik Air berangkat dari Makassar pukul 20.15 WITA,” kata Danang.

Baca Juga: Terbangkan Penumpang Covid-19, Batik Air Dilarang Terbang Sementara

Pihaknya mengungkapkan, terkait dengan layanan tamu berupa boarding pass di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin menggunakan sistem SITA technology, dimana penulisan waktu tidak menggunakan tanda titik (.) atau titik dua (:).

“Sebagai contoh penerbangan lainnya yang dilayani dari Makassar, misal Batik Air ID-6196 Makassar-Sorong tertera 0410 artinya STD 04.10 WITA, ataupun penerbangan Batik Air ID-6137 Makassar-Surabaya tertera 1000 artinya STD 10.00 WITA,” jelasnya.

Contoh Boarding Pass Lion Air/Batik Air

Penulisan Jam Pemberangkatan di Boarding Pass Lion Air (Batik Air) berbeda dengan Maskapai lain

Dari penelusuran terkini.id, penulisan jam pemberangkatan di Boarding Pass Lion Air/Batik Air memang berbeda dari maskapai lain.

Baca Juga: Duh, 6 Penumpang Batik Air Positif Covid-19 Lolos Terbang ke Pontianak

Contohnya maskapai Garuda, dimana penulisan waktu pemberangkatan (schedule time departure/ STD) menggunakan tanda titik dua (:).

Contoh Boarding Pass Garuda. (foto: tripadvisor.com)

Sebelumnya, Suriani, mempertanyakan terkait nomor penulisan ‘2015’ yang tertera di boarding passnya.

Ia mengira nomor tersebut adalah tahun karena letaknya yang berada persis di samping penulisan tanggal, dan sistem penulisannya tidak seperti penulisan jam pada umumnya (menggunakan tanda titik atau titik dua).

Baca berita sebelumnya: Naik Pesawat Batik Air, Penumpang di Makassar Temukan Kejanggalan Pada Boarding Pass

Baca Juga: Penumpangnya Dikabarkan Terjangkit Virus Corona, Ini Penjelasan Manajemen Batik Air

Suriani melakukan penerbangan dengan rute Makassar-Cengkareng pada Jumat 15 Februari 2019, namun di tiket boarding passnya, tercantum “15 Feb 2015.”

Pihak Lion Air tidak mempermasalahkan atas komplain dari Suriani. Sebab dari kacamata orang awam, penulisannya memang bisa menimbulkan salah kaprah, karena jam penerbangan berdekatan dengan tanggal penerbangan.

“Mudah-mudahan dari komplain ibu Suriani, masyarakat bisa lebih tahu sistem penulisan di boarding pass Lion Air. Jadi ada unsur edukasinya juga untuk penumpang lain,” pungkasnya.