Berdayakan Potensi LPK di Indonesia Timur, BSN Gelar Pelatihan SNI

LPK
Berdayakan Potensi LPK di Indonesia Timur, BSN Gelar Pelatihan SNI

Terkini.id, Makassar – Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) di wilayah Indonesia Bagian Tengah dan Timur diharapkan mampu melakukan penilaian kesesuaian sesuai persyaratan Standar Nasional Indonesia (SNI).

Guna mewujudkan hal tersebut, Badan Standardisasi Nasional (BSN) kembali menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Refeshement SNI ISO/IEC 17025 : 2017 dan SNI ISO/IEC 17065 : 2012, bertempat di Kantor Layanan Teknis Makasar, Gedung Graha Pena Makassar, berlangsung selama 4 hari, sejak 5 hingga 8 November 2019.

Kepala Kantor Layanan Teknis Makassar Taufiq Hidayat menyampaikan peran dan tugas BSN dalam melaksanakan Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian sesuai dengan UU no 20 Tahun 2014.

Dia juga menjelaskan mengenai tugas dan peran dari Kantor Layanan Teknis Makasar yang telah mampu memberikan pelayanan kepada calon LPK, LPK, dan masyarakat yang membutuhkan layanan informasi penilaian kesesuaian, baik di wilayah Indonesia bagian Tengah maupun Timur.

Sesi pertama pelaksanaan kegiatan yaitu Workshop Refeshement SNI ISO/IEC 17025 2017 yang diikuti oleh para pelaku penilaian kesesuaian, yang berkeinginan agar laboratorium uji atau kalibrasi mereka dapat terakreditasi oleh KAN.

Kegiatan ini diikuti oleh 22 orang peserta yang berasal dari 12 instansi baik dari instansi pemerintah daerah maupun dari perguruan tinggi (UNM dan UNHAS).

“Mereka tampak antusias mengikuti kegiatan ini, hal ini ditandai dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi dengan narasumber BSN,” kata Taufik, Senin, 11 November 2019.

Taufiq berharap, kegiatan ini mampu memunculkan calon laboratorium penguji maupun kalibrasi baru, khususnya di wilayah Indonesia bagian Tengah dan timur.

Sedangkan sesi kedua kegiatan adalah Workshop Refreshment SNI ISO/IEC 17065 : 2012, yang dilaksanakan pada Kamis hingga Jumat, 7-8 November 2019.

Workshop Refreshment SNI ISO/IEC 17065 : 2012 dikuti oleh 17 peserta yang berasal dari 8 instansi.

Jika pada Workshop Refreshment SNI ISO/IEC 17025 2017 peserta didominasi oleh pelaku industri, berbeda halnya untuk workshop ini, kegiatan lebih didominasi oleh peserta dari kalangan lembaga pemerintahan dan perguruan tinggi.

Kegiatan Refreshment Workshop SNI ISO/IEC 17025:2017 dan Workshop SNI ISO/IEC 17065:2012, dipandu oleh Andi Ampa selaku Narasumber Utama.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Makassar

Pamor Danny Pomanto Dinilai Semakin Lemah

Terkini.id -- Pamor mantan Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto (Danny) dinilai semakin lemah dan tidak lagi menjadi pemain dominan di Pemilihan Walikota (Pilwali) Makassar