Beredar Kabar Proses Perpanjangan Izin SKT FPI Dihentikan, Ini Faktanya

SKT FPI
FPI. (Foto: Abadikini)

Terkini.id, Jakarta – Perpanjangan izin Surat Keterangan Terdaftar (SKT) ormas Front Pembela Islam (FPI) hingga saat ini belum menemui titik terang dan masih menjadi polemik di tengah-tengah publik.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia telah menyerahkan semua persoalan terkait perpanjangan izin FPI kepada Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Namun, baru-baru ini sebuah pemberitaan yang menyebutkan bahwa proses perpanjangan izin FPI dihentikan oleh Mendagri dan Menko Polhukam beredar di media sosial.

Dalam pemberitaan viral tersebut, disebutkan izin ormas pimpinan Habib Rizieq ini tak diperpanjang oleh Mendagri Tito Karnavian dan Menko Polhukam Mahfud MD.

“Final, Mendagri Tito Karnavian & Menkopolhukam Mahfud MD Akhirnya Sepakat Tidak Perpanjang Izin SKT FPI,” demikian judul dalam pemberitaan yang beredar pada Minggu, 8 Desember 2019.

Dari penelusuran fakta terkait pemberitaan itu, Kementerian Informasi melalui situs Kominfo.go.id menyatakan bahwa kabar tersebut adalah kabar bohong alias hoax.

Faktanya, artikel tersebut mengutip dari pemberitaan Kompas pada 29 November 2019 lalu, dengan judul “Mahfud MD: Perpanjangan Izin FPI Belum Bisa Dikeluarkan”.

“Faktanya artikel tersebut mengutip dari nasional.kompas.com tanggal 29 November 2019 dengan judul artikel ‘Mahfud MD: Perpanjangan Izin FPI Belum Bisa Dikeluarkan’, kemudian dibuat judul yang berbeda,” tulis Kominfo.

“Pada intinya terkait perpanjangan ijin FPI adalah belum diperpanjang bukannya tidak diperpanjang. Judul yang digunakan oleh situs tersebut adalah clickbait,” sambung pernyataan resmi dari Kominfo.

Komentar

Rekomendasi

Kesepian dalam Penjara, Napi Ini Minta Polisi Tangkap Orang Lagi agar Ada Teman

Bejat, Ustaz Ini Cabuli Santriwati yang Masih di Bawah Umur

Moeldoko Kagum pada Haerul Sang Montir Perakit Pesawat Terbang

Beredar Video Klarifikasi Petinggi Sunda Empire, Ngaku Bisa Kendalikan Bumi dan Nuklir

Viral, Rombongan SPG Kesurupan Massal Dalam Mobil Usai Singgah di Telaga Golf

Begini Kronologi Kejadian Moncong Ikan Tancap Leher Remaja Nelayan, Untung Tak Dilepas

Disepakati DPR, Pemerintah Bakal Hapus Tenaga Honorer

Hadir di Makassar Bersastra, Deng Ical Ajak Pecandu Aksara Kampanyekan Literasi Digital

Beginilah TVRI

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar