Beredar Kabar Proses Perpanjangan Izin SKT FPI Dihentikan, Ini Faktanya

SKT FPI
FPI. (Foto: Abadikini)

Terkini.id, Jakarta – Perpanjangan izin Surat Keterangan Terdaftar (SKT) ormas Front Pembela Islam (FPI) hingga saat ini belum menemui titik terang dan masih menjadi polemik di tengah-tengah publik.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia telah menyerahkan semua persoalan terkait perpanjangan izin FPI kepada Menko Polhukam Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Namun, baru-baru ini sebuah pemberitaan yang menyebutkan bahwa proses perpanjangan izin FPI dihentikan oleh Mendagri dan Menko Polhukam beredar di media sosial.

Dalam pemberitaan viral tersebut, disebutkan izin ormas pimpinan Habib Rizieq ini tak diperpanjang oleh Mendagri Tito Karnavian dan Menko Polhukam Mahfud MD.

“Final, Mendagri Tito Karnavian & Menkopolhukam Mahfud MD Akhirnya Sepakat Tidak Perpanjang Izin SKT FPI,” demikian judul dalam pemberitaan yang beredar pada Minggu, 8 Desember 2019.

Baca juga:

Dari penelusuran fakta terkait pemberitaan itu, Kementerian Informasi melalui situs Kominfo.go.id menyatakan bahwa kabar tersebut adalah kabar bohong alias hoax.

Faktanya, artikel tersebut mengutip dari pemberitaan Kompas pada 29 November 2019 lalu, dengan judul “Mahfud MD: Perpanjangan Izin FPI Belum Bisa Dikeluarkan”.

“Faktanya artikel tersebut mengutip dari nasional.kompas.com tanggal 29 November 2019 dengan judul artikel ‘Mahfud MD: Perpanjangan Izin FPI Belum Bisa Dikeluarkan’, kemudian dibuat judul yang berbeda,” tulis Kominfo.

“Pada intinya terkait perpanjangan ijin FPI adalah belum diperpanjang bukannya tidak diperpanjang. Judul yang digunakan oleh situs tersebut adalah clickbait,” sambung pernyataan resmi dari Kominfo.

Komentar

Rekomendasi

Senam di Kantor Akan Jadi Tatanan Baru Warga Kota Makassar

Mudik, M Nuh Eks Pemenang Motor Listrik Jokowi Diarak Keliling Kampung

Pemerintah Siapkan Dua Tower di Pademangan untuk Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19

Oknum Polisi Keroyok Orang Gangguan Jiwa di Aceh, Kena Sanksi

Ajudan Pribadi Bertemu Bocah Penjual Jalangkote Rizal: Jangan Suka Membully, Stop Men

Pemkot Bekasi Bantah Kabar Soal Satu Keluarga Positif Corona Gegara Salat Id Berjemaah

Premi Asuransi untuk Ribuan Relawan Covid-19 Resmi Diteken

Terekam Kamera, Viral Penampakan Sosok Misterius Berdiri di Atas Bangunan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar