Beredar Pesan Berantai Minum Kopi Tiga Kali Sehari Bisa Cegah Covid-19, Ini Faktanya

Minum kopi. (Foto: Ilustrasi/Klikdokter)

Terkini.id, Jakarta – Beredar sebuah pesan berantai di aplikasi perpesanan WhatsApp yang mengklaim bahwa minum kopi tiga kali sehari bisa mencegah paparan COVID-19.

Klaim dalam isi pesan berantai itu disebutkan berasal dari hasil penelitian seorang dokter asal China bernama Dr. Li Wenliang dan diterbitkan oleh media mainstream CNN.

Adapun narasi dalam pesan itu mengklaim kandungan bahan kimia Methylxanthine, Theobromine dan Theophylline dalam kopi dipercaya dapat merangsang senyawa untuk menangkal virus.

“Bahagialah para penggemar kopi. Breaking News dari CNN: Minum Kopi 3x Sehari untuk menangkal Covid-19,” demikian tertulis dalam isi pesan tersebut.

Melansir penelusuran fakta dari situs Turnbackhoax.id lewat suaracom – jaringan terkini.id, Senin 21 September 2020, klaim yang menyebutkan minum kopi tiga kali sehari bisa cegah Covid-19 adalah klaim yang keliru alias hoaks.

Menarik untuk Anda:

Faktanya, belum ada penelitian ilmiah terkait manfaat minum kopi tiga kali sehari dapat menangkal Covid-19.

Nama Dr. Li Wenliang juga pernah digunakan dalam narasi hoaks mengenai teh sederhana yang diklaim dapat menolak virus corona.

Adapun narasi dalam isi pesan berantai tersebut juga telah diverifikasi dan masuk dalam kategori narasi hoaks pada 28 Maret 2020.

Pesan berantai minum kopi tiga kali sehari bisa cegah Covid-19. (Foto: Turnbackhoax.id)

Dikutip dari Tirto.id, berdasarkan studi dari National Center for Biotechnology Information berjudul “Health Benefits of Methylxanthines in Cacao and Chocolate” (2018) menyebutkan Methylxanthine sering ditemukan dalam minuman seperti kopi, teh, minuman energi, atau coklat, sama seperti Theophylline dan Theobromine.

Kandungan tersebut bermanfaat sebagai neurodegeneratif dan mengobati penyakit pernapasan, diabetes, atau kanker.

Dalam studi tersebut tidak disebutkan adanya manfaat ketiga kandungan itu untuk menangkal Covid-19.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyebut minum kopi tiga kali sehari bisa menangkal Covid-19 adalah klaim yang salah atau hoaks.

Klaim tersebut masuk dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Ustaz di Aceh Ditikam saat Ceramah Maulid Nabi

‘Hari Terpatah Hati Buat Kami’, Pramugari Curhat Usai Garuda PHK 700 Karyawan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar