Beredar Postingan Foto Sebut Jokowi Sanggup Jadi Dokter, Ini Faktanya

Jokowi
Presiden Jokowi. (CNN Indonesia)

Terkini.id, Jakarta – Beredar postingan foto di media sosial yang memperlihatkan Presiden Jokowi mengenakan jas dan topi berwarna putih, masker, pelindung wajah, dan sarung tangan karet. Dalam postingan itu, disebutkan Joko Widodo sanggup jadi dokter.

Postingan foto tersebut dibagikan pengguna Facebook Cherry Chups, Selasa 27 Oktober 2020, dalam grup forum Manusia Merdeka.

“Kalau Jokowi sanggup menjadi dokter , ngapain dokter kadrun ala barat menilai buruk kepada Jokowi , alasan cuma satu yaitu mereka tidak mau Indonesia maju , salam sukses buat Jokowi,” tulis Cherry Chups.

Postingan sebut Jokowi sanggup jadi dokter. (Turnbackhoax.id)

Namun berdasarkan penelusuran fakta, dilansir dari Turnbackhoax.id, Rabu 28 Oktober 2020, klaim yang menyebutkan bahwa foto tersebut merupakan potret Jokowi saat menjadi dokter adalah klaim yang salah atau hoaks.

Foto tersebut bukan memperlihatkan Jokowi menjadi dokter, melainkan presiden melakukan kontrol terhadap fasilitas produksi vaksin COVID-19 pada 11 Agustus 2020 yang lalu.

Menarik untuk Anda:

Adapun foto itu diunggah sebelumnya oleh situs presidenri.go.id.

Foto yang sama juga dibagikan ulang oleh akun Facebook resmi Jokowi, Presiden Joko Widodo, pada 26 Agustus 2020.

Dalam unggahan fotonya, Jokowi menyertakan narasi keterangan mengenai rencana vaksinasi COVID-19.

Jokowi saat melakukan kontrol terhadap fasilitas produksi vaksin COVID-19. (Turnbackhoax.id)

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh pengguna Facebook Cherry Chups tersebut merupakan informasi palsu atau hoaks dan masuk dalam kategori Misleading Content atau konten yang menyesatkan.

Faktanya, foto yang memperlihatkan Jokowi mengenakan jas dan topi berwarna putih, masker, pelindung wajah, dan sarung tangan karet itu merupakan potret saat presiden melakukan kontrol terhadap fasilitas produksi vaksin COVID-19, dan bukan jadi dokter.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

BI Turunkan Suku Bunga Acuan 3,75 Persen, Ini Alasannya

Sindir Gus Miftah, Ustaz Maaher: Pengajian dengan Lonte Paling Menyenangkan

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar