Berhenti Berpikir Jadi PNS, Akbar Faisal: Negara Sudah Tidak Mampu Bayar Pegawai Negeri

Terkini.id, Jakarta- Mantan anggota Komisi III DPR periode 2014-2019 Akbar Faizal menghimbau kepada generasi muda untuk berhenti memiliki cita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) ataupun Aparatur Sipil Negara (ASN).

Senada dengan Akbar, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airalangga Hartanto juga mengatakan hal serupa.

“Mindset anak muda jangan hanya jadi PNS saja, tetapi harus memikirkan bagaimana cara mengembangkan potensi menjadi wirausaha,” ungkap Airlangga

Baca Juga: Klaim Satu-satunya Parpol yang Punya Masjid Besar, Airlangga: Golkar Sangat...

Lebih lanjut, Airlangga menyampaikan bahwa pemerintah telah mendukung anak muda untuk menjadi wirausaha. Hal tersbeut dilihat dari sejumlah program yang telah disiapkan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal ini diutarakan oleh Airlangga dan Akbar, karena melihat bahwa PNS atau ASN merupakan profesi yang hingga saat ini masih diminati oleh banyak generasi muda di Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Dijadwalkan Hadiri Konferensi Tingkat Tinggi di Roma untuk Serah...

Profesi ini dianggap memiliki masa depan yang dianggap cerah, terjamin secara materi, dan adanya tanggungan uang pensiun. Sehingga, tak pernah sepi peminat.

Daya pikat profesi yang satu ini dibuktikan dari antusias masyarakat khususnya generasi muda yang mendaftar untuk menjadi PNS atau abdi negara. Tidak jarang, mereka yang mendaftar merupakan siswa dan mahasiswa yang baru saja lulus dari sekolah ataupun perguruan tinggi.

Dilansir dari Hops, Akbar Faisal mengatakan dalam sambutannya di acara Wisuda Universitas Negeri Makassar (UNM) bahwa negara saat ini sudah tidak mampu lagi membayar pegawai negeri.

Akbar Faizal katakan negara sudah tidak mampu bayar pegawai negeri /fajjar.co.id

Baca Juga: Jokowi Dijadwalkan Hadiri Konferensi Tingkat Tinggi di Roma untuk Serah...

Akbar mengimbau untuk para lulusan baru memikirkan profesi lain untuk menunjang masa depan.

“Anak-anakku sekalian, berhentilah berpikir untuk mejadi pegawai negeri. Negara ini sudah tak mampu lagi untuk menggaji seorang pegawai negeri,” ucap Akbar Faizal, dilansir dari Jakbarnews, pada Selasa, 11 Oktober 2021.

Oleh sebabnya dia menyarankan, agar para mahasiswa yang sudah lulus sebaiknya memikirkan bagaimana caranya menjadi pengusaha dan membuka lapangan pekerjaan bagi banyak orang.

“Anak-anakku sekalian, Anda harus mengubah cara berpikirnya sekarang. ‘Bagaimana keluar dari kampus untuk menjadi pegawai negeri?’ Enggak! Anda harus mengubah cara berpikir itu. Ciptakan lapangan pekerjaan,” tambahnya.

Bagikan