Beri kuliah umum di Polbangtan Gowa, Direktur Kesmavet tekankan pentingnya kesejahteraan hewan

Direktur Kesmavet memberikan Kuliah Umum di Polbangtan Gowa

Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner (KESMAVET) drh. Syamsul Ma’arif, MSi memberikan Kuliah Umum dengan tema Peran Indonesia dalam Mendukung Konsep Kesejahteraan Hewan dalam Rantai Produksi Peternakan. Kuliah Umum yang dilaksanakan di Aula Syech Yusuf ini dihadiri seluruh mahasiswa Peternakan Polbangtan Gowa, Sabtu (12/01/2019).

Dalam paparannya, Syamsul Ma’arif mengatakan bahwa Kesejahteraan hewan (kesrawan) adalah persoalan yang cukup penting saat ini, bahkan menjadi salah satu isu dalam era globalisasi yang berpotensi menjadi hambatan dalam perdagangan bebas.¬†Kesejahteraan hewan bukanlah isu baru di Indonesia karena telah diakui oleh hukum pidana sejak zaman kolonial dan dituangkan juga dalam perundangan RI.

Kesejahteraan Hewan didefinisikan sebagai segala urusan yang berhubungan dengan keadaan fisik dan mental hewan menurut ukuran perilaku alami hewan yang perlu diterapkan dan ditegakkan untuk melindungi hewan dari perlakuan setiap orang yang tidak layak terhadap hewan yang dimanfaatkan manusia.

Saat ini sudah banyak kasus yang terjadi terkait pelanggaran tentang kesejahteraan hewan, itulah yang menjadi tugas dari KESMAVET. Inti dari tugas kami adalah segala urusan secara langsung maupun tidak langsung pada hewan atau produk hewan berpengaruh terhadap kesehatan manusia, itu menjai tanggungjawab kami ujar Syamsul Ma”arif.

Dihadapan ratusan mahasiswa peternakan Polbangtan Gowa, Syamsul Ma’arif juga menjelaskan tentang tugas dan fungsi dari KESMAVET yaitu Penerapan sistem jaminan keamanan pangan asal hewan, pengamanan produk hewan, pencegahan penularan penyakit sonosis dan pembinaan penerapan kesrawan.

Intinya bahwa hewan itu perlu dipikirkan kesejahteraannya. Dalam agama pun sudah dijelaskan. Jangan sampai kalian sebagai masyarakat tidak memikirkan kesejahteraan hewan. Saat ini LSM pun sudah ikut mengawasi terkait kesejahteraan hewan ini. Coba liat, banyak kasus terkait kejahatan terhadap hewan bahkan dengan cepat kasus seperti ini tersebar luas apalagi dengan teknologi sosial media.

Kami juga telah melakukan kerjasama dengan Kepolisian untuk hal ini. Mulai dari memotong hewan seenaknya tanpa aturan atau pemotongan hewan betina produktif, kami giat mensosialisasikan, pungkas Syamsul Ma’arif.

Komentar

Rekomendasi

Lewat Aplikasi Zoom, Mahasiswa UNM Ini Ujian Seminar Hasil Secara Online

Polbangtan Gowa Sinergikan Langkah dengan Gugus Tugas Covid-19 Kecamatan di Kampus II Bone

Mahasiswa Keperawatan Unhas yang Jadi Relawan Pandemi Virus Corona dapat SKS

Ditengah “Badai” COVID-19, LTT Kecamatan Mengkendek Terus Bertambah

Cegah COVID-19, Polbangtan Gowa Lakukan Desinfeksi Berkala

Aliansi Organisasi Unibos Tuntut Kebijakan Kampus Ihwal WTH

Polbangtan Gowa dan Tim Kamtibmas Desa Mappesangka Bone Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Kampus II

Tim Satgas Unhas Bikin Pusat Informasi Covid-19

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar