BPJS Ketenagakerjaan dan Pemkab Pangkep Teken MoU, Jamin Kepesertaan Non-ASN

Terkini.id, Makassar – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Makassar melakukan penandatanganan MOU dengan Bupati Pangkajene dan Kepulauan, pada kamis 21 Februari 2019.

MoU tersebut tentang Kepesertaan Non-ASN lingkup pemerintah daerah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Penandatanganan tersebut dilakukan di Lapangan Minasate’ne Kecamatan Minasate’ne Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan di sela-sela perayaan HUT Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Ke 59 th yang di saksikan langsung oleh Gubernur Sulawesi Selatan Kamis 21 Februari 2019.

Asri Basir selaku kepala kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar mengatakan penandatanganan MOU ini merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkab Pangkajene dan Kepulauan dalam memberikan perlindungan Jaminan Sosial terhadap tenaga kerja khususnya para Non ASN di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

“Ini merupakan salah perhatian dari pemerintah kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dalam melindungi tenaga kerja khususnya Non ASN,” terangnya.

Asri Menambahkan, para pegawai Non ASN Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan telah didaftarkan pada 2 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Adapun JKK, akan memberikan perlindungan kepada tenaga kerja dari dan hingga pulang bekerja serta selama melakukan proses pekerjaan.

Apabila terjadi risiko kerja, maka semua akan menjadi tanggung jawab pihak BPJS Ketenagakerjaan dan biayanya unlimited sesuai kebutuhan medis.

“Untuk kelas perawatannya sendiri semua kami rawat di kelas 1 RS Umum pemerintah dan swasta,” terangnya.

“Sementara, untuk Jaminan Kematian (JKM) diberikan santunan kepada ahli waris apabila tenaga kerja meninggal dunia bukan akibat kecelakaan kerja sebesar Rp 24 juta,” tutupnya

Syamsuddin A Hamid SE, selaku Bupati Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan mengatakan dengan ditandatanganinya MOU ini kami telah mendaftar sekitar 5.000 pegawai Non-ASN yang ada dilingkup Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan di BPJS Ketenagakerjaan.

“Dengan ditandatanganinya MOU ini kami akan mendaftarkan 5.000 Non ASN yang ada di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan,” terang dia lagi.

Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengatakan, Pemerintah Provinsi mendukung penuh program-program BPJS Ketenagakerjaan dengan dikeluarkannya Pergub No. 135 tahun 2018.

“Kami mendukung seluruh program BPJS Ketenagakerjaan sebagai bukti telah kami terbitkan Pergub No. 135 Tahun 2018 tentang Pelaksanaan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Melalui BPJS Ketenagakerjaan,” terangnya.

Pada kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Bupati Pangkajene dan Kepulauan, Penyerahan Kartu secara Simbolis dan Jaminan Kematian Senilai Rp 24 juta kepada 2 orang Ahli Waris.

Adapun penyerahan tersebut langsung diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Selatan dan didampingi oleh bupati Kabuputen Pangkajene dan Kepulauan dan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar.

Berita Terkait
Komentar
Terkini