350 Tahun Sulsel, Cabang Dinas Kelautan Mamminasata Perkenalkan Aplikasi Nelayan Lopina

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Sulkaf S Latief
Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Sulkaf S Latief

Terkini.id, Makassar – Dirgahayu 350 tahun Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) disambut bahagia masyarakat dan lembaga pemerintah di Sulsel.

Salah satu lembaga yang ikut merayakan ulang tahun Sulsel adalah Cabang Dinas Kelautan (CDK) Mamminasata, Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel.

Cara CDK ikut meramaikan ulang tahun Sulsel pun berbeda. Tidak dengan upacara atau kerja bakti, tapi dengan membuat inovasi.

“Merancang aplikasi khusus untuk nelayan,” kata Kepala CDK Mamminasata Andi Mei Agung saat Sosialisasi Layanan Pemantauan dan Rekomendasi Perizinan Kapal Perikanan di Hotel Ramedo kepada Terkini.id, Selasa 29 Oktober 2019.

Inovasi ini dibuat sendiri oleh staf CDK Mamminasata. Akan segara diperkenalkan ke nelayan.

Penasaran seperti apa inovasi pegawai CDK Mamminasata di ulang tahun Sulsel? CDK Mamminasata akan segera memasukkannya ke Play Store dan App Store.

“Sementara masih versi beta,” kata Zainal Abidin Kepala Seksi Pengawasan CDK Mamminasata.

Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah dijadwalkan akan meresmikan penggunaan aplikasi Lopina. Jika sudah siap digunakan oleh nelayan. Karena akan memangkas birokrasi.

“Memudahkan nelayan melaut. Menghemat tenaga dan waktu,” ungkap Zainal.

Aplikasi sangat simpel dan bermanfaat ini asli buatan pegawai CDK Mamminasata. Sebagai bentuk dukungan terhadap teman ulang tahun Sulsel tahun ini.

“Inovasi ASN,” ujar Zainal.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel Sulkaf S Latief mengatakan, aplikasi Lopina akan mendorong perikanan Sulsel lebih maju. Sesuai dengan visi Presiden Jokowi, Menteri KKP dan visi Gubernur Sulawesi Selatan.

“Mensejahterakan nelayan,” ungkap Sulkaf.

Aplikasi Lopina juga menjadi kebanggan tersendiri Dinas Keluatan dan Perikanan Sulsel. Karena dibuat tanpa anggaran. Murni inovasi dan kerja keras pegawai Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel.

“Aplikasi ini akan terus dikembangkan dan akan didaftarkan menjadi top inovasi. Semua CDK di Sulsel akan dihimbau menggunakan aplikasi ini,” kata Sulkaf.

 

Manfaat Aplikasi Lopina

Lopina adalah singkatan dari Layanan Online Rekomendasi Perizinan Nelayan. Aplikasi ini akan memudahkan nelayan dalam mengurus rekomendasi perizinan.

“Tidak perlu lagi ke kantor,” kata Kepala CDK Mamminasata Andi Mei Agung.

Dengan Lopina, penerbitan rekomendasi untuk nelayan yang biasanya menghabiskan waktu satu sampai dua hari, bisa selesai hanya dalam waktu 5 menit.

“Nelayan juga tidak perlu mengeluarkan biaya,” kata Agung.

Aplikasi ini akan terus dikembangkan. Beberapa fitur seperti informasi untuk nelayan dan fitur jual beli juga akan ditanamkan dalam aplikasi. Aplikasi ini juga akan disiapkan sebagai alat pembayaran digital.

Berita Terkait