DP2 Makassar Motivasi Nelayan untuk Tingkatkan Keterampilan

Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar Evy Aprialti menjadi pemateri di pelatihan peningkatan kapasitas nelayan, Senin 25 Maret 2019
Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar Evy Aprialti menjadi pemateri di pelatihan peningkatan kapasitas nelayan, Senin 25 Maret 2019

Terkini.id, Makassar – Kepala Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar Evy Aprialti menilai pentingnya pemahaman masyarakat terhadap teknologi di era 4.0.

Hal ini ntuk meningkatkan kapasitas nelayan terkait Sumber Daya Manusia (SDM) dan produktivitas dalam hal keterampilan.

“Agar nelayan mampu meningkatkan ekonomi keluarga,” kata Evy di Hotel Dinasti Makassar, Jalan Lombok, Senin 25 Maret 2019.

Hal ini disampaikan Evy dalam pelatihan peningkatan kapasitas nelayan. Mantan Kepala Dinas Koperasi dan UKM tersebut menegaskan perlunya upaya yang sistematis dan berkelanjutan untuk membekali nelayan, agar mampu meningkatkan produktivitas hasil tangkapan.

“Nelayan kita saat ini, hanya terpaku pada musim-musim tertentu, bergantung cuaca dan tidak turun melaut di waktu yang lain,” kata Evy.

Menyikapi kondisi demikian, Evy mengatakan Dinas DP2 melakukan pelatihan dan menghadirkan akademisi sekaligus teknisi untuk membekali masyarakat nelayan dalam menghadapi segala cuaca di laut.

“Ada 9 pemateri yang kami hadirkan, tetapi intinya fokus pada hal-hal teknis yang sangat dekat kebutuhan dan permasalahan nelayan,” terangnya.

Menyoal bantuan pemerintah kota, khususnya Dinas DP2, kepada masyarakat nelayan, Evy menyebut telah memfasilitasi nelayan dalam hal keterampilan.

“Kita memberi bantuan berupa alat tangkap, seperti jaring serta perahu yang memang masyarakat nelayan sangat butuhkan,” ucapnya.

Hanya saja, kata Evy, bantuan berupa jaring hanya mampu bertahan satu tahun karena tidak mampu bertahan lama di laut.

Evy berharap, ke depan masyarakat nelayan mampu mengaktualisasikan dirinya dalam hal peningkatan produksi.

Berita Terkait
Komentar
Terkini