Ini Cara Unik dan Kreatif Diskominfo Makassar Lawan Hoax

Diskominfo Makassar
Kepala Seksi Penyiaran dan Kemitraan Media Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar Muh Hamzah

Terkini.id, Makassar – Kepala Seksi Penyiaran dan Kemitraan Media Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar Muh Hamzah mengaku era kecepatan informasi justru tak memberi ruang yang cukup untuk berefleksi dan memilah informasi yang benar.

Kondisi demikian, kata dia, membuat hoax menjadi semakin sulit untuk dibendung. Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan kegiatan filateli. Mengumpulkan prangko merupakan kegiatan yang sangat positif dalam melawan hoax.

Menurut Hamsah nilai prangko punya nilai sejarah sekaligus sebagai wadah bagi anak untuk mengoleksi perangko.

“Bandingkan dengan perang mulut di sosial media, dan bahkan di dukung dengan informasi yang beredar tidak jelas sumbernya,” tambahnya.

Kepala PT Pos Indonesia Regional 10 Sulawesi Maluku Ronald Siahaan memandang, kegiatan Filateli sebagai salah satu ikhtiar yang dapat diakukan untuk memberikan kreasi yang sehat kepada kalangan remaja hingga mereka dapat memanfaatkan waktu luangnya dengan aktivitas positif.

“Mengalihkan perhatian mereka dari godaan untuk melakukan hal-hal yang tidak berguna serta tercela,” kata Ronald.

Lebih lanjut, Filateli adalah suatu hobi yang universal sifatnya, pengaruhnya amat positif bagi pembentukan watak dan pribadi seseorang, terutama bagi para remaja kita yang perbendarahaan rohaninya tengah mengalamai proses pengisian.

“Kegemaran mengikuti mading filateli dan mewarnai gambar prangko serta mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya menanamkan sifat tekun, rapih, cermat dan sabar pada diri seseorang,” ucapnya.

Kegemaran ini memperkaya pengetahuan remaja dengan mengenal aneka ragam keindahan alam, fauna, Iora, kebudayaan, sejarah, perkembangan teknologi dan sebagainya.

“Dari berbagai bangsa di dunia lewat gambar-gambarnya yang diperagakan oleh prangko,” pungkasnya.

Tentang Filateli

Filateli adalah aktivitas atau hobi mengumpulkan prangko dan benda-benda pos lainnya seperti Sampul Hari Pertama.

Pengumpulan benda-benda pos itu kebanyakan mengutamakan edisi lama, meski edisi baru juga ikut dikumpulkan. Semakin tua usia benda pos tersebut, maka harganya semakin tinggi.

Di Indonesia, kegiatan Filateli mendapat dukungan dari PT Pos Indonesia Di setiap kantor pos besar terdapat loket atau ruang filateli.

Berita Terkait
Komentar
Terkini