Cegah Demam Berdarah dengan Jus Jeruk, Ampuh Atasi DBD

Jus Jeruk. Sumber : groufiee.com

Terkini.id, – Penyakit Demam Berdarah dengue atau DBD sedang mewabah di berbagai daerah di Indonesia. Penyakit ini sering muncul di musim penghujan dimana genangan air yang tidak mengalir lancar menjadi tempat yang empuk untuk nyamuk Aedes aegypti bersarang dan berkembang biak. Nyamuk inilah yang menularkan virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

Virus dengue diketahui memiliki empat serotype virus dengue yaitu DEN-1, DEN-2, DEN-. Dan DEN-4 yang ditularkan oleh dua jenis nyamuk demam berdarah betina yaitu Aedes aegypti sebagai vektor utama dan Aedes albopictus sebagai vektor sekunder melansir dari Hellosehat.com.

Nyamuk Aedes aegypti. Sumber : hellosehat.com

Mewabahnya demam berdarah diberbagai daerah di Indonesia menimbulkan keprihatinan karena penyakit ini bisa sampai menimbulkan kematian. Beberapa wilayah di Indonesia yang terdampak penyakit demam berdarah seperti di kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan tercatat selama Tahun 2019 sudah 92 orang mengalami gejala penyakit ini. Dalam kasus ini belum menemukan kasus KLB (kejadian luarbiasa, semua pasien masih gejala demam berdarah dan tertangani oleh pihak kesehatan.

Untuk mengantisipasi penyebaran wabah demam berdarah, daerah terdampak kabupaten Gowa ini, melalui Dinas Kesehatan Gowa telah melakukan penyuluhan-penyuluhan disetiap kecamatan dan menginstruksikan semua Puskesmas dan PKM menjadi fokus pelaksanaan fogging.

Antisipasi pencegahan penularan demam berdarah harus rutin dilakukan seperti melakukan fogging, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan dengan menerapkan 3 M, menutup, menguras dan mengubur dan mendaur ulang barang-barang yang berpotensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk penyebab demam berdarah.

Selain melakukan hal-hal tersebut di atas, harus juga disikapi dengan menjaga kondisi tubuh kita tetap fit yaitu dengan mengonsumsi makanan bergizi yang bisa menopang tubuh tetap fit. Tubuh yang sehat dan fit tidak akan mudah terserang penyakit demam berdarah.

Perbanyak mengonsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C karena vitamin ini sumber kesehatan dari berbagai penyakit bagi tubuh.
Vitamin C berfungsi menangkal penyakit dan menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang wabah penyakit.

Salah satu buah yang kaya akan vitamin C adalah buah jeruk yang merupakan buah penghasil darah merah yang baik serta membantu proses metabolisme tubuh.

minuman sehat
Jus jeruk. (foto/ramesia.com)

Usahakan untuk minum jus jeruk setiap hari untuk mencegah terdampak wabah penyakit demam berdarah.

Mengonsumsi jus jeruk sebagai sumber vitamin C, sebaiknya tidak dalam kondisi dingin atau hangat. Minumlah jus jeruk dalam kondisi suhu normal sehingga tidak merusak kandungan vitamin C di dalamnya. Jeruk sangat baik dimakan langsung atau dibuat jus, buah ini banyak mengandung flavonoid (seperti naringenin dan hesperidin), yang merupakan anti-inflamasi yang sangat baik membantu penyembuhan segala penyakit.

Kebiasaan baik mengonsumsi buah jeruk dan buah lain yang banyak mengandung vitamin C akan sangat membantu daya tahan tubuh dalam menangkal serangan wabah penyakit yang mudah menyerang.

Mengingat musim hujan masih berlangsung dan diprediksi hingga April mendatang, dihimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu perprilaku hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Soppeng

Porseni STIE-STIMIK Lamappapoleonro Resmi Dibuka

Terkini.Id, Soppeng - Asisten Administrasi Umum Andi Fithratuddin, membuka acara Porseni 2019 STIE-STIMIK Lamappapoleonro Soppeng Lapangan Gasis Jalan Kesatria Watansoppeng Kamis, 5 Desember 2019.Porseni