Cek Fakta: Benarkah Konser Amal Pemerintah Habiskan Rp6,7 Miliar Uang Negara?

Lelang motor listrik bertandatangan JOkowi dalam acara konser amal yang digelar pemerintah dan MPR RI.(ist)

Terkini.id, Jakarta – Konser amal yang digelar pemerintah serta didukung berbagai lembaga termasuk MPR sempat diramaikan heboh oleh berbagai hoax.

Selain hoax foto Jokowi yang hadir di tengah-tengah konser yang ramai pengunjung, hoax lain yang bereda adalah konser tersebut menghabiskan anggaran sampai Rp 500 miliar anggaran negara.

Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) pun menepis kabar-kabar miring terkait pelaksanaan konser tersebut, yang salah satu konten acaranya adalah lelang motor listrik bertanda tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Bamsoet menyebut kabar soal acara konser tersebut dihadiri penonton ribuan orang hingga menggunakan dana negara merupakan hoax.

“Beredar di media sosial dan digoreng sedemikian rupa seolah acara tersebut konser dengan panggung besar dan penonton ribuan dan dihadiri oleh presiden secara fisik. Padahal semua berlangsung secara virtual di rumah masing-masing,” kata Bamsoet dalam siaran langsung di YouTube BNPB, Jumat 22 Mei 2020.

Baca juga:

Bamsoet mengungkapkan, kabar soal konser tersebut menelan biasa hingga Rp 6,7 miliar juga merupakan hoax. Faktanya, kata dia, konser itu tidak menelan biaya lebih dari Rp 500 juta.

“Beredar juga katanya konser ini menelan biaya Rp 6,7 miliar. Padahal faktanya tidak sampai Rp 500 juta ya, bukan 500 miliar ya jangan salah lagi,” katanya.

Bamsoet menyebut dana sebesar itu tidak sepeserpun diambil dari uang negara. Dana untuk menggelar konser tersebut melainkan uang yang dikumpulkan dari kantong pribadi para pihak yang terlibat dalam konser itu.

“Itu pun biaya kita tutup secara gotong royong baik oleh para seniman maupun dari kami pribadi-pribadi yang terlibat tanpa mengganggu dana donasi yang nanti akan terkumpul dan tidak ada sepeserpun dana negara atau anggaran negara atau APBN yang dipakai dalam acara ini,” katanya.

Komentar

Rekomendasi

Pria Ini Diramalkan Tawaf Sendirian di Kabah 20 Tahun Lalu, Kini Jadi Kenyataan

Pesan Imam Besar Istiqlal untuk Jemaah Jika Masjid Dibuka saat New Normal

Heboh Arah Kiblat Masjid Mengarah ke Utara, Diduga Ajaran Sesat

Sudah Disekolahkan Hingga Jadi Dokter, dr A Malah Putuskan Hubungan dengan Orang Tua

Warga Protes Perwali Makassar Soal Sekolah: Anak Kami Bukan Kelinci Percobaan

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar