Cuaca Tak Tentu, Brimob Batalyon A Pelopor Siaga Dalam Antisipasi Bencana Alam

Brimob

Terkini.id, Makassar – Memasuki bulan November  intensitas curah hujan sangat besar dan tidak menutup kemungkinan bahwa akan menyebabkan bencana banjir dan longsor.

Menyikapi tersebut dengan sigap Jajaran Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel kembali mendirikan posko siaga SAR dan membentuk tim yang mempunyai keahlian khusus di bidang penanganan SAR. Senin, ( 17/11/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti petunjuk dan arahan Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes. Pol. Muhammad Anis terkait kesiapsiagaan jajaran Korps Brimob Polri sebagai salah satu bentuk kesiapan Brimob Sulsel dalam penanganan bencana alam dan memastikan kesiapan personil apabila sewaktu waktu terjadi bencana anggota sudah siap di gerakan dengan cepat.

Dalam kegiatan ini Anggota menyiapkan dan mengecek peralatan serta perlengkapan SAR yang di siagakan agar dapat berfungsi dengan normal dan tidak ada kendala ketika di gunakan saat melaksanakan tugas SAR.

Selain mengecek kesiapan peralatan Jajaran Batalyon A Pelopor Juga kembali melatihkan beberapa cara penggunaan alat, seperti penggunaan webbing dan tali carmantel sebagai alat pertolongan pada korban. 

Menarik untuk Anda:

AKBP Darminto Selaku Komandan Batalyon A Pelopor menuturkan pelaksanakan siaga SAR ini untuk mengantisipasi permintaan satuan wilayah dan laporan masyarakat dalam menangani bencana alam disuatu tempat sehingga dapat bergerak dengan cepat untuk membantu masyarakat yang mengalami bencana. 

“ Posko SAR ini didirikan kembali untuk mengantisipasi permintaan Satuan Kewilayah dan laporan masyarakat dalam menangani bencana alam disuatu tempat sehingga dapat bergerak dengan cepat untuk membantu masyarakat yang mengalami bencana.” Tutur Darminto.  

AKBP Darminto juga mengungkapkan Tim Siaga SAR ini akan dilaksanakan setiap harinya selama 24 Jam dan akan dilaksanakan setiap Kompi, Selain itu dalam pelaksanaan Siaga akan diisi dengan latihan latihan guna mengasah kembali kemampuan yang telah dimiliki. 

“ Pada pelaksanaanya Tim Siaga SAR ini akan bersiaga 24 Jam jadi sewaktu waktu dibutuhkan mereka sudah siap, Selain Bersiaga Personel yang berada di Posko juga menggelar latihan dengan skala kecil hal ini bertujuan untuk mengingat kembali materi – materi pertolongan yang pernah dilatihkan sebelumnya.” Sambung Darminto. 

“Dengan Adanya Siaga SAR diharapkan semua anggota tetap monitor situasi sehingga apabila dibutuhkan cepat tanggap dan siap siaga kapanpun dalam melaksanakan kegiatan perbantuan SAR bencana walaupun dalam kondisi atau situasi yang terdadak,” tutup Darminto

Secara terpisah Komandan Satuan Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis mengatakan memasuki musim penghujan seluruh jajaran Satbrimob Polda Sulsel kini telah mendirikan Posko Siaga Bencana atau SAR hal ini sebagai bentuk kesiapan Brimob Sulsel dalam penanganan bencana alam dan memastikan kesiapan personil apabila sewaktu waktu terjadi bencana anggota sudah siap di gerakkan dengan cepat.

“ memasuki musim hujan sya perintahkan seluruh jajaran Baik itu Batalyon Pelopor maupun Detasemen Gegana untuk mendirikan Posko Siaga Bencana, ini bertujuan untuk menindak lanjuti dengan cepat apabila ada pemintaan dari Satuan Kewilayahan dan laporan dari Masyarakat “. Ujar Muhammad Anis. 

“Sebagai Motto Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan, Kita siap segala peralatan yang ada, meski dengan segala keterbatasan kita akan siap, cepat, dan tanggap. Ini penting dilakukan utamanya personel agar sewaktu-waktu terjadi peristiwa unit SAR sudah siap di lapangan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak,” jelas Kombes Muhammad Anis. 

Dia mengungkapkan, terkait penanggulangan bencana ia akan terus bekerja sama dengan pihak terkait seperti BPBD, Basarnas dan masyarakat. “Itu bertujuan untuk menjalin kerja sama yang baik guna mencapai tujuan bersama yaitu melakukan tindakan penanggulangan bencana alam,” tambahnya.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

4 Direktur RS Ummi Bakal Diperiksa Polisi Terkait Swab Test Rizieq Shihab

Usai Bunuh 4 Orang di Sigi, Teroris Juga Ambil 40 Kg Beras Milik Korbannya

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar