Departemen Keperawatan Anak Unhas Gelar Pengabdian Masyarakat di YKAKI Makassar

Departemen Keperawatan Anak Unhas Gelar Pengabdian Masyarakat di YKAKI Makassar

Terkini.id, Makassar – Dalam rangka Dies Natalis Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin (Unhas) yang ke-3, Departemen Keperawatan Anak Fakultas Keperawatan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “pola hidup sehat pada anak penderita kanker selama massa pandemik”.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 1 Oktober 2020 bertempat di Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Cabang Makassar atau biasa dikenal dengan sebutan “Rumah Kita”.

Tim keperawatan anak yang terdiri dari Dr. Kadek Ayu Erika, S.Kep.,Ns.,M.Kes, Tuti Seniwati, S.Kep.,Ns.,M.Kes dan Suni Hariati, S.Kep.,Ns.,M.Kep yang hadir secara langsung memberikan edukasi kesehatan kepada 20 anak penderita kanker yang sementara menjalani kemoterapi di rumah sakit dan juga didampingi oleh orang tua.

Kegiatan ini juga di hadiri oleh Ketua YKAKI, Nurul Hijeriyati, S.Pd beserta guru.

Dr. Kadek menjelaskan bahwa nutrisi sangat dibutuhkan oleh anak penderita kanker untuk proses pemulihan setelah pengobatan kemoterapi dan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak.

Menarik untuk Anda:

Selain itu, Dr kadek menganjurkan untuk mengolah makanan dengan baik sebelum di konsumsi di antaranya dengan cara mencuci terlebih dahulu buah dan sayur di air mengalir, makanan dapat direbus, dikukus dan ditumis serta menghindari makanan yang mengandung gula tinggi, makanan yang diberi pengawet, kadar garam yang tinggi, olahan daging cepat saji karena makanan ini dapat memicu pertumbuhan sel kanker.

“Hal lain yang perlu diperhatikan anak selama masa pandemik adalah melakukan cuci tangan selama 20 detik dengan menggunakan sabun atau pembersih tangan (hand sanitizer), menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1 meter, menutup mulut saat batuk dan bersin dengan menggunakan lengan dalam bagian atas atau dengan menggunakan tissu, istirahat yang cukup dan mengkonsumsi gizi seimbang,” papar Perawat Tuti.

Media edukasi yang digunakan, kata Tuti, bisa berupa leafleat dan slide power point.

Selain edukasi, tim juga membagikan masker, hand sanitizer, susu, paket buah, buku mewarnai dan crayon.

Setelah pembagian paket tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan demontrasi mencuci tangan 7 langkah oleh perawat Suni yang diikuti oleh anak-anak penderita kanker.

Kegiatan ini bekerjasama dengan Ikatan Perawat Anak Indonesia (IPANI). Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang tentu merujuk pada kesehatan Anak dan psikologis anak.

“Seharusnya perawat anak tak harus dijumpai di Rumah sakit saja, tapi dalam lingkungan masyarakat melalui komunitas dan organisasi PPNI dan IPANI harus terjun langsung untuk pendampingan. Itulah mengapa IPANI akan komitment dalam hal pengabdian masyarakat terkhusus kepada kesehatan anak,” ujar Nur Sriyanah.,S. Kep.,Ns.,M. Kep selaku Anggota Humas IPANI.

Di samping itu, kegiatan bertambah meriah ketika anak-anak mulai mendengarkan dongeng dan mewarnai.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak-anak penderita kanker dan berharap dapat terus berlanjut,” ujar Ketua YKAKI, Nurul Hijeriyati.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan plakat dan foto bersama.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Tetap Produktif di Masa Pandemi, Ini yang Dilakukan Himatep FIP UNM

Perayaan Semarak Bulan Bahasa, Himaprodi PBSI UNM Bagi Masker dan Gelar Seminar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar