Makassar Terkini
Masuk

Didukung Komunitas 09 Runners, IKA Teknik Unhas Gelar EMU Virtual Run 2020

Terkini.id, Makassar – Hari terakhir pengambilan paket lomba atau Race Pack Collection pada Event Engineers Meet Up (EMU) Virtual Run 2020 yang digelar di Upper Ground Nipah Mall Makassar, diramaikan para alumni Fakultas Teknik Unhas.

Sejak pukul 11.00 Wita hingga pukul 17.00 Wita, para alumni satu per satu berdatangan mengambil paket lomba dari kegiatan yang merupakan rangkaian Halal Bi Halal Ikatek Unhas Tahun 2020 ini.

Ajang ini pun lantas menjadi temu kangen para alumni yang tak ketinggalan untuk berfoto bersama pada Photo Booth yang telah disiapkan panitia.

Selain panitia Halal Bi Halal Ikatek Unhas yang berasal dari alumni Teknik Sipil Unhas, pelaksanaan Event EMU Virtual Run 2020 juga didukung sepenuhnya oleh komunitas 09 Runners yang merupakan wadah silaturahmi para pelari hobi dari alumni Teknik Unhas.

Menurut Captain 09 Runners yang juga merupakan Ketua Harian Komunitas 09 Runners, Ririe Tivany, pengambilan Race Pack EMU Virtual Run 2020 hari kedua diramaikan para alumni Teknik Unhas.

Meski demikian, kata Ririe, puluhan peserta yang mendaftar secara perseorangan maupun komunitas, juga masih ramai mengambil Race Pack mereka.

“Sejak dibuka, para peserta EMU Virtual Run berdatangan mengambil Race Pack mereka, namun hari ini terlihat lebih lengang dan lebih didominasi para alumni Teknik Unhas,” ujar Ririe, Minggu, 20 September 2020.

Diakui Ririe, meski pihaknya telah memberikan kesempatan selama dua hari kepada para peserta EMU Virtual Run 2020 untuk mengambil langsung Race Pack mereka, tetapi masih terdapat seratusan peserta yang belum mengambil Race Packnya.

“Kami masih memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengambil Race Pack mereka, tetapi untuk tempat dan waktunya akan ditentukan kemudian. Dan pihaknya akan berupaya menghubungi para peserta untuk kembali mengingatkan agar para peserta mengambil Race Pack mereka yang terdiri dari BIB Number, Jersey dan perlengkapan lomba lainnya,” imbuh mantan karyawan Bank Pelat Merah ini.

Pada hari kedua Race Pack Collection EMU Virtual Run 2020 yang bakal diikuti seribu pelari ini, panitia masih konsisten menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pengaturan kursi antrean yang berjarak, menyediakan Hand Sanitizer dan tisu basah di meja panitia, hingga membagikan masker kepada peserta event juga tetap dilakukan.

Kondisi ini sendiri mengacu pada penerapan protokol kesehatan di tempat umum yang diterapkan pengelola Nipah Mall.

Diketahui, event EMU Virtual Run 2020 sendiri akan digelar serentak pada 4 Oktober 2020, dengan flag off secara virtual pada pukul 06.30 Wita.

Para peserta diberi kesempatan untuk berlari dengan jarak tempuh 6,09 kilometer dengan cut off time Pukul 08.00 Wita. Dan para peserta EMU Virtual Run diharapkan menyetor hasil lari mereka sebelum pukul 09.00 Wita sesuai mekanisme yang telah ditetapkan panitia.

“Kami mengingatkan para peserta yang telah mengambil Race Pack-nya untuk mematuhi aturan penyetoran hasil lari sebagai syarat untuk mengikuti doorprize yang disiapkan panitia. Sebab penyetoran hasil lari yang menggunakan aplikasi pada handphone berbasis GPS atau pun smart watch, merupakan syarat wajib bagi peserta untuk mengikuti doorprize,” tegas Ririe.

Panitia sendiri telah menyiapkan hadiah door prize di antaranya berupa perlengkapan lari hingga smart watch.

“Jadi sangat disayangkan jika mengikuti event ini tetapi gagal memenuhi syarat untuk menjadi pemenang doorprize,” tutup ibu dua anak ini.

Virtual Run merupakan kegiatan berlari yang dilakukan sendiri dan dilakukan dimana saja seperti di jalanan, jogging track, treadmill atau pun trail track dengan waktu berlarinya telah ditetapkan sebelumnya.

Perekaman dari kegiatan berlari itu dapat dilakukan dengan sejumlah aplikasi lari berbasis GPS, diantaranya Strava, Runtastic, Endomundo, Google Fit atau pun lainnya tergantung dari kenyamanan para pelari.