Peduli Lingkungan Sekitar Kampus, Fakultas Teknik Unhas Pelopori Gerakan ‘Green Campus’

Terkini.id, Gowa – Dengan makin meningkatnya penggunaan produk yang menghasilkan berbagai jenis sampah dari tahun ke tahun di Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan, dan kurangnya kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar, maka Universitas Hasanuddin (Unhas) khususnya Fakultas Teknik sebagai kampus terbaik di Indonesia Timur mempelopori gerakan kampus hijau atau “Green Campus”.

Gerakan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan sekitar kita.

“Kegiatan Green Campus ini berfokus pada 4 aspek yaitu Green Environment, Waste Treatment, Energy Saving, dan Zero Emission,” kata Dr. Ir. Saiful, S.T.,M.T.,IPM selaku Ketua Panitia dari kegiatan ini, Sabtu, 8 Februari 2020.

Pada kegiatan ini, kata Saiful, telah disediakan 1600 bibit dari sumbangan BNI, UPTD Balai Benih, dan salah seorang krangtua mahasiswa.

“Bibitnya terdiri dari, Rambutan, Pala, Durian, Ketapang, dan bibit lainnya,” ujar Saiful.

Menarik untuk Anda:

“Kegiatan ini akan berlangsung secara bertahap mulai dari ‘One Student, One Tree’, terus berlanjut ke ‘One Lecture One Tree’, dan mungkin akan terus sampai ke ‘One Alumni, One Tree’,” sambungnya.

Sementara itu, Wakil Dekan Bidang Perencanaan dan Sumber Daya Fakultas Teknik, Dr. Eng. Ir. Muhammad Rusman, S.T.,M.T.,IPM, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk masing-masing civitas akademika Fakultas Teknik yang memiliki rasa tanggung jawab untuk merawat lingkungan sekitar mulai dari 1 pohon saja.

Senada dengan itu, Sekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Ir. H. Arsyad Thaha, M.T, mengungkapkan bahwa gedung mewah dan teknologi yang canggih dari kampus Fakultas Teknik Unhas belum cukup tanpa adanya lingkungan yang asri atau hijau.

“Lingkungan kampus yang asri dan hijau adalah tanggung jawab seluruh elemen elemen kampus,” tegas Arsyad Thaha dalam sambutannya pada kegiatan tersebut.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh sejumlah tamu undangan diantaranya, Danramil 03 Bontomarannu, Kapolsek Bontomarannu, para Wakil Dekan Fakultas Teknik Unhas, para Ketua Departemen Fakultas Teknik Unhas beserta jajarannya, dosen dan staff Fakultas Teknik Unhas, serta mahasiswa.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas, Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes, sangat mengapresiasi adanya kegiatan seperti yang dilakukan Fakultas Teknik.

“Kegiatan Green Campus Faculty Of Engineering ini sangat menunjang dan akan menjadi contoh di seluruh Universitas Hasanuddin,” ujarnya.

Kegiatan ‘Green Campus’ tersebut turut dirangkaikan dengan jalan santai bersama dan senam tobelo bersama, serta ditutup dengan penanaman pohon simbolis yang dilakukan oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unhas didampingi Dekan Fakultas Teknik Unhas, Para Wakil Dekan Fakultas Teknik Unhas, Ketua Panitia Kegiatan, Danramil 03 Bontomarannu, Kapolsek Bontomarannu, dan disaksikan oleh seluruh dosen, staff, dan mahasiswa yang hadir.

Citizen Reporter: Muhammad Asyam Dzaky Said

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

UNHAS Lepas Ribuan Mahasiswa KKN di Tengah Pandemi

Polbangtan Gowa Siapkan Area Pertanaman 1 Hektar untuk Tanaman Obat

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar