Dinas Ketahanan Pangan Edukasi Petani Melalui Metode Demfarm

Dinas Ketahanan Pangan Edukasi Petani Melalui Metode Demfarm

Terkini.id,Makassar – Bidang Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar menggelar pelatihan pemberdayaan petani melalui metode Demfarm (demonstration farming) di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sudiang, Selasa 25 Juni 2019.

Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Bidang Keamanan Pangan mewakili Kadis ketahanan Pangan Kota Makassar, Ir. Izra Zulyadi M.Si.

Izra dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam hal pemanfaatan pekarangan rumah yang masih tersedia dengan menanam sayur-sayuran dan buah buahan.

“Harapannya dapat memenuhi kebutuhan pangan dan gizi rumah tangga, dan diharapkan nantinya para peserta dapat mentransfer pengetahuan yang didapatnya kepada orang-orang yang ada di sekelilingnya seusai mengikuti kegiatan tersebut,” urainya.

Lanjut Izra menyebutkan jumlah peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut adalah 75 orang anggota Kelompok Tani Lorong (Poktan rong) dan Kelompok Wanita Tani (KWT).

Adapun pemateri dalam kegiatan ini adalah Dr. Rahmansya dan Zulfitriani Dwiyanti, SP, MP. Akademisi dari UNHAS.

Rahmansya dalam paparan materinya mengatakan bahwa ada 3 faktor yang menyebabkan budidaya tanaman dapat berhasil, pertama faktor tanaman itu sendiri, kedua faktor media tanamnya dan ketiga lingkungan yang ada di sekitar tanaman tersebut.

“Jadi tiga faktor tersebut di atas yang menyebabkan budidaya tanaman dapat berhasil,” tutupnya.

Berita Terkait
Komentar
Terkini