Jelang Idulfitri, DKP Makassar Cek Kesegaran Pangan di Sejumlah Pasar

Terkini.id, Makassar – Bidang Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Makassar memimpin tim operasional pengendalian keamanan pangan memantau pasar-pasar di Makassar, Selasa 21 Mei 2019.

Tim operasional terpadu tersebut terdiri dari beberapa SKPD terkait dalam lingkup Pemkot Makassar antara lain Dinas kesehatan, Dinas Perikanan dan pertanian, Dinas Perdagangan, Pol PP Dan BPOM.

Tim operasional turun ke beberapa pasar tradisional dan modern yang ada di Kota Makassar untuk memantau keamanan pangan beberapa pangan segar seperti sayuran, buah-buahan, ikan, daging dan lain-lain jelang Hari Raya Idul Fitri.

Ada dua pasar yang dipantau pagi ini, yakni pasar Tradisional Pabbaeng-Baeng dan pasar modern Lotte Alauddin.

Hasil Tes: Negatif Kandungan Berbahaya

Di pasar tradisional Pabbaeng-baeng, Tim operasional terpadu dan pengendalian keamanan pangan mengambil beberapa sampel ikan kering, dan sayur sayuran (labu siam, daun kacang, hingga paria) untuk dicek di tempat dengan menggunakan Metode Rapid Test Kit atau metode uji cepat, untuk mengetahui kadar kandungan bahan bahan berbahaya (boraks, formalin dan pestisida) dan hasilnya negatif.

Selanjutnya tim bergerak ke pasar modern LOTTE Mart yang terletak di Jl Alauddin dan tim operasional terpadu juga melakukan test cepat pada sampel buah (apel dan pir) dan juga untuk mengetahui kandungan bahan-bahan yang berbahaya. Hasilnya, semuanya negatif.

Menurut Kadis Ketahanan Pangan yang diwakili kepala bidang keamanan pangan,  Ir Isra Zulfadli M Si, sebagai Ketua Tim Terpadu, mengatakan bahwa kegiatan operasional tim terpadu ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan tiap bulan dengan melibatkan beberapa SKPD terkait yang masuk dalam tim terpadu.

Tujuannya adalah untuk memastikan pangan yang ada di pasar pasar tradisional dan modern aman dikonsumsi oleh masyarakat dan bebas dari kandungan bahan bahan berbahaya seperti boraks, formalin dan pestisida.

Menurut dia, hasil uji sampel dengan metode Rapid Test kit ( test cepat) di pasar pabbaeng baeng dan Lotte Mart tidak ditemukan adanya kandungan boraks, formalin, pestisida pada sayuran,  buahan, ikan dan makanan lainnya yang dijadikan sampel atau hasilnya negatif.

Hasil Pengecekan Ayam Potong

Dalam kegiatan ini juga diadakan pengukuran PH pada ayam potong dengan alat Pengukur PH Meter oleh Dinas Perikanan dan Pertanian Kota Makassar dan hasilnya kandungan PH nya di atas 5, artinya kondisi dagingnya masih baik.

Dari pihak Lotte Mart yang diwakili oleh Abdul waris selalu Manager Fresh Food Lotte Mart, menyampaikan, sebagai salah satu pasar yang dikunjungi oleh tim terpadu, sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan.

“Ini yang mana tujuannya untuk menjamin keamanan pangan produk-produk fresh food dari Lotte Mart dan tentunya ini memberikan jaminan pangan aman bagi para customer kami,” terang Waris.

Berita Terkait
Komentar
Terkini