Dituding Hina Presiden Jokowi, Majalah Tempo Dilaporkan ke Dewan Pers

Dewan Pers
Cover Majalah Tempo edisi Senin, 16 September 2019, bergambar Presiden Jokowi. (Foto: Detik)

Terkini.id, Jakarta – Majalah Tempo dilaporkan Jokowi Mania (JoMan) ke Dewan Pers lantaran cover majalah tersebut dinilai menghina Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Dalam cover majalah yang terbit pada Senin 16 September 2019, hari ini, terlihat Jokowi digambarkan mirip tokoh fiksi dalam dongeng anak-anak, Pinokio.

“Kami ingin jelaskan perihal kedatangan kami adalah salah satunya ingin melaporkan Majalah Tempo ke Dewan Pers,” kata Ketua Umum JoMan Immanuel Ebenezer seperti dilansir dari Detik, Senin, 16 September 2019.

“Kenapa kami laporkan ke Dewan Pers? Karena kami memahami persoalan-persoalan jurnalistik harus diatasi oleh Dewan Pers,” ungkapnya.

Pihaknya, kata Eben, menganggap Majalah Tempo membuat narasi yang menggambarkan Jokowi seolah tidak pro-pemberantasan korupsi.

“Cover Majalah Tempo memuat gambar foto Jokowi dengan bayangan sosok seseorang berhidung panjang bak Pinokio. Gambar Pinokio itu penghinaan terhadap simbol negara,” ujarnya.

Adapun tiga tuntutan yang dilayangkan JoMan kepada Majalah Tempo salah satunya meminta majalah itu untuk meminta maaf dan menarik majalahnya yang bergambar siluet ‘Jokowi Pinokio’.

“Tuntutan kami, kami cuma minta Tempo untuk menarik edisi majalah ini. Kedua, kita minta klarifikasi Tempo itu sendiri. Dan ketiga, kebebasan pers tetap kuat, jangan tidak, kami tidak mau kekuasaan itu dibiarkan tanpa kritik, kami tidak mau. Dan terakhir, minta maaf, itu penting,” tegas Eben.

Berita Terkait
Komentar
Terkini