Masuk

Dokter Tifa: Alasan Pemerintah Naikkan BBM, Ternyata Ada Utang Tersembunyi ke China Jatuh Tempo

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Epidemiolog, Dokter Tifa menyinggung soal alasan pemerintah menaikkan harga BBM bersubsidi dimana menurutnya hal itu dikarenakan ada utang tersembunyi ke China yang jatuh tempo.

Hal terkait alasan pemerintah naikkan BBM itu diungkapkan Dokter Tifa lewat postingannya di Twitter pribadinya, dilihat pada Rabu 7 September 2022.

Dalam postingannya itu, awalnya Tifa menanggapi cuitan akun @adangsetiadana yang mengunggah sebuah video laporan dari media luar negeri.

Baca Juga: Adu Jotos HIPMI, Dokter Tifa: Negara Ini Masuk Tahap C5

Terkait video itu, akun tersebut pun mengatakan bahwa ulasan laporan media luar negeri itu menjadi alasan mengapa harga BBM naik.

“Tahukah anda apa alasan harga BBM dinaikan? Media luar mengupasnya.. Simak video ini.. “Pinjaman tercatat $ 5M, sebenarnya yg tak tercatat $ 23M,” tulis akun @adangsetiadana.

Dilihat dari unggahan video akun itu, tampak seorang reporter media asing melaporkan terkait utang Indonesia ke China.

Baca Juga: Dokter Tifa Sebut Sedang Jaga Jarak Dengan Anies Baswedan

Sementara pada narasi video itu, tertulis Indonesia meminjam utang sebesar 4,5 miliar US Dollar dari China untuk membangun jalur kereta api cepat.

“Indonesia ingin membangun jalur kereta api cepat, meminjam utang 4,5 miliar USD dari China untuk jalur kereta api cepat,” demikiam tertulis narasi dalam video itu.

Selain itu, narasi video tersebut juga memgatakan bahwa utang Indonesia ke China itu melonjak dari awalnya 4,5 miliar dollar menjadi 8 miliar dollar AS.

“Melonjak menjadi 8 miliar dollar lebih, dari 4,5 miliar ke 8 miliar dollar. Ini hutang tersembunyi, tidak tercatat di pembukuan resmi,” tulisnya lagi.

Baca Juga: Dokter Tifa Bandingkan Tragedi Itaewon Dengan Tragedi Kanjuruhan

Hingga berita ini ditayangkan, belum bisa dipastikan kebenaranya terkait informasi yang disebutkan dalam narasi video unggahan akun @adangsetiadana itu.

Unggahan video akun itu pun lantas ditanggapi oleh Dokter Tifa. Menurutnya, pemerintah mati-matian menaikkan harga BBM di saat harga BBM dunia turun ternyata karena adanya utang tersembunyi ke China jatuh tempo.

“Kenapa Penguasa mati2an menaikkan harga BBM, di saat harga BBM global sdg turun? Ternyata ada utang tersembunyi jatuh tempo ke China. Debt Time Bomb! Yang kupas malah Media Luar Negeri. Ayo rakyat! Bentar lg isi perut kalian dg batu ya,” ujarnya.