Dorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Sulsel, BI Gelar Seminar PESyar

BI Sulsel
Dorong Pertumbuhan Ekonomi Syariah di Sulsel, BI Gelar Seminar PESyar

Terkini.id, Makassar – Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPw BI) terus mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Salah satunya dengan menggelar seminar Pekan Ekonomi Syariah (PESyar) di Ruang Phinisi Kpw BI Sulsel, Kamis, 15 Agustus 2019.

Direktur Eksekutif, Bambang Kusmiarso menuturkan tema seminar PESyar yakni pengembangan ekonomi regional berbasis syariah melalui implementasi perda pembinaan dan pengawasan produk halal.

“Seminar ini adalah rangkaian pekan ekonomi syariah yang puncak acaranya dipusatkan di Trans Studio Mall besok hingga tanggal 18 Agustus,” kata Bambang saat membuka seminar.

“Kegiatan seminar ini untuk menunjukkan komitmen kita dalam mendukung dan memberikan perhatian terhadap pengembangan ekonomi dan keuangan syariah,” sambungnya.

Direktur BI, Endang Kurnia Saputra turut menyampaikan tujuan penyelenggaraan seminar ekonomi syariah ini.

“Tujuan dari PESyar ini adalah untuk mendorong tumbuhnya industri halal, sektor keuangan halal, serta riset dan pengembangan yang jauh lebih tinggi dan lebih besar di Sulsel,” ujar Endang.

“Saat ini sulsel sangat berpotensi untuk menjadi pusat ekosistem halal industri di KTI, ini yang kita dorong,” tambahnya.

Lebih jauh, Endang menyampaikan strategi BI dalam meningkatkan ekonomi syariah. Pertama adalah mendorong halal fashion dan halal tourism. Kedua mengembangkan dan mendorong sektor keuangan syariah. Ketiga, mendorong penelitian dan pengembangan ekonomi syariah.

“Antusias masyarakat menyambut PESyar cukup besar, terutama UMKM. Progresnya pun sudah banyak masyarakat menjadi pelaku ekonomi, hanya saja publikasi perlu kita dorong lagi agar masyarakat lebih tahu,” ucapnya.

Seminar ini melibatkan peserta dari berbagai elemen masyarakat mulai dari pelaku UMKM, akademisi, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Hadir sebagai narasumber yakni Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), Sukoso, Asisten Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah (DEKS) Bank Indonesia, Yono Haryono, Tim penyusun naskah akademik Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) pembinaan dan pengawasan produk halal, Ruslan Renggong serta Ketua PHRI Sulawesi Selatan, Anggiat Sinaga, dan dimoderatori oleh Waspada Santing.

“Harapan dari seminar dari pekan ekonomi syariah ini adalah bagaimana pelaku usaha mengembangkan usahanya agar bersertifikat halal dalam mendukung peningkatan rantai nilai halal (halal value chair),” tutup Endang.

Berita Terkait
Komentar
Terkini
Bisnis

Fuso Kembali Pimpin Penjualan Truk di Sulselbar

Terkini.id, Makassar -- Pertumbuhan ekonomi yang signifikan di Sulawesi Selatan membuat bisnis penjualan kendaraan truk meningkat.General Manager Operation Officer PT Bosowa Berlian Motor (BBM),