Dr. Syaifuddin: kita dan penyuluh harus punya strategi untuk menghadapi era 4.0

Direktur Polbangtan Gowa membuka Bimtek TI

Era 4.0 tidak bisa dihindari, kita harus punya strategi agar kemajuan teknologi bisa diadaptasikan. Apa yang perlu kita persiapkan, tentunya peningkatan kualitas sumberdaya, sebab yang bisa maju adalah orang-orang yang menguasai teknologi.

Tapi yang terberat adalah kesiapan menghadapi perubahan itu sendiri. Mau tidak mau, siap tidak siap, ini sudah didepan mata. Tapi tentunya yang tersulit adalah merubah pola pikir.

Hal ini disampaikan Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa pada pembukaan bimbingan teknik teknologi informasi untuk para penyuluh pertanian di hotel Remcy (3/3).

Penyuluh pertanian juga harus beradaptasi dengan perubahan teknologi. Penguasaan teknologi bagi penyuluh tentunya dapat berpengaruh ke pertanian kita. Misal dengan mahir menggunakan Drone dan citranya diolah lalu dapat memetakan lahan, hasilnya dianalisa, tentunya itu dapat membantu petani untuk meningkatkan produksi, jelas Syaifuddin, Direktur Polbangtan Gowa.

Dalam beberapa hari kedepan kami akan membantu para penyuluh untuk meningkatkan kompetensinya. Memanfaatkan smartphone untuk membuat video penyuluhan, melakukan video confrence agar terhubung ke Agriculture War Room (AWR) Kementan, teknik penelusuran web dan email, dan yang terakhir adalah memanfaatkan drone untuk pemetaan lahan.

Kami berharap ini dapat membantu penyuluh terutama dalam hal untuk mendukung program menteri pertanian yaitu Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) yang tentunya muaranya adalah peningkatan produksi, tutupnya.

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

BEM FSD UNM Salurkan Bantuan Sembako dan APD Untuk Mahasiswa dari Luar Makassar

1.569 Peserta SNMPTN 2020 Lulus di Unhas, Nama yang Lulus Diumumkan Hari Ini

Direktur Polbangtan Gowa Beri Bantuan Untuk THL dan Cleaning Service: Ini Amanah Mentan SYL

Pandemi COVID-19, Seluruh Aktifitas Akademik Dialihkan Ke Smartphone dan Notebook

Bahas Covid-19, Alumni LK2 HMI Korkom UMI Gelar Diskusi Online

Lewat Aplikasi Zoom, Mahasiswa UNM Ini Ujian Seminar Hasil Secara Online

Pantau WFH, Direktur Polbangtan Gowa Sampaikan Pesan Mentan SYL

Pertanian Tidak Berhenti, Petani Tana Toraja Tetap “Mangngarak Ta’nak Na Mantanan”

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar