Dua Tokoh Ini Bakal Bersaing di Pemilihan Ketum KKSS, Sattar Fokus di BKN

Andi Jamaro Dulung dan Muchlis Patahna, dua tokoh senior calon ketua umum KKSS.

Terkini.id,Jakarta – Sejumlah bursa calon Ketua Umum Badan Pengurus Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (BPP-KKSS) periode 2019-2024 kini sudah muncul. Dikabarkan ada dua tokoh senior Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) yang bakal bersaing yakni Muchlis Patahna dan Andi Jamaro Dulung.

Kedua nama tokoh tersebut mengemuka saat Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima Ketua Umum BPP KKSS yang juga Direktur Utama Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Sattar Taba beserta Direksinya di kantor Wapres, 9 Agustus lalu.

Sattar Taba yang didampingi Penasehat Hukum KBN, Hamdan Zoelva menghadap Wapres Jusuf Kalla terkait dengan kinerja KBN. Selain itu, disinggung pula mengenai persiapan Musyawarah Besar XI KKSS yang rencananya berlangsung di Solo, Jawa Tengah, 15 November 2019 mendatang.

Kepada Sattar, Wapres JK menyarankan agar tidak maju lagi sebagai petahana dalam pemilihan Ketua Umum KKSS yang dijadwalkan dibuka oleh Presiden Joko Widodo itu.

“Lebih baik Sattar lebih fokus mengembangkan KBN. Maklum, di bawah Sattar, KBN menunjukkan performa yang mencengangkan, dan mendatangkan profit yang cukup signifikan,” desak Wapres JK.

Dikabarkan juga bahwa, pertimbangan Kalla agar Sattar mengurungkan niatnya sebagai punggawa KKSS lantaran organisasi sebesar KKSS membutuhkan waktu khusus untuk dikelola dengan maksimal.

Sementara KBN juga masih membutuhkan profesionalitas Sattar demi peningkatan dan optimalisasi perusahaan BUMN tersebut. Belum lagi manajemen KBN kerap diusik oleh permasalahan hukum yang pada akhirnya dapat diatasi Sattar dengan kemenangan di pengadilan.

Seperti diketahui, dalam tradisi yang terbangun selama ini di KKSS, lazimnya calon Ketua Umum KKSS lebih dulu harus mendapat restu dari Jusuf Kalla yang nota bene adalah Ketua Dewan Kehormatan KKSS. Dan biasanya pemilih suara yang ada di badan pengurus wilayah provinsi dan kabupaten/kota serta pilar, selalu merujuk pada pertimbangan Kalla sebagai sesepuh KKSS.

Terkait bursa calon Ketua Umum KKSS, kini mengerucut pada dua nama yaitu Muchlis Patahna, dan Andi Jamaro Dulung.

Keduanya Wakil Ketua Umum KKSS dan merupakan tokoh KKSS yang mendalami betul asam garamnya organisasi KKSS yang beranggotakan 12 juta jiwa itu.  Semula Sekjen KKSS Ibnu Munzir disebut-sebut sebagai salah satu calon, akan tetapi belakangan mencabut pencalonannya.

Muchlis  sendiri telah mendapat dukungan Kalla terkait niatnya maju sebagai Ketua Umum KKSS  saat ia bersilaturahim di rumah dinas Kalla, di Jakarta, 1 Juli 2019 lalu.

Berita Terkait
Komentar
Terkini