Dukung HPSN 2021 , Warga ORW 17 Minasa Upa Intens Bersihkan Lingkungan

terkini.id-Makassar, Peringatan momentum Hari Peduli Sampah Nasional  yang jatuh pada 21 Februari 2021 dirangkaikan dengan  aksi  peduli lingkungan.

 

Sebagaimana kita semua ketahui, riwayat sejarah peringatan Hari Peduli Sampah Nasional  (HPSN) tak lepas dari suatu peristiwa yang panjang dan menyita perhatian masyarakat.

 

Mungkin Anda menyukai ini:

Hal ini seperti dikutip dari akun resmi Instagram ditjen.pslb3_klhk,  pada kejadian peristiwa longsornya TPA Leuwigajah pada 16 tahun silam dan menjadi cikal bakal diperingatinya Hari Peduli Sampah Nasional.

Baca Juga: Keluar Zona Episentrum Covid-19, Rudy Apresiasi Aparatur Kecamatan Rappocini

 

Tepat setiap tanggal 21 Februari,  Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) kembali diperingati setiap tahunnya.

 

Baca Juga: Program UMKM dan Iuran Gratis Bikin Ketua RT di Gunung...

Pada rangkaian aksi pada HPSN 2021tersebut para jajaran Pemerintah Kelurahan Minasa Upa, Kec Rappocini beserta perangkat RT/RW dalam lingkup ORW 17 bersama Ketua ORT dan para tokoh masyarakat serta warga sekitar melaksanakan kegiatan Kerja Bhakti Massal namun tetap menerapkan Protokol Kesehatan dalam aktifitasnya.

Hal ini merupakan salah satu kegiatan yang positif mengingat urgensi kepedulian warga  masyarakat kepada lingkungannya perlu  senantiasa di pelihara dalam bingkai  kepedulian dan kebersamaan.

Warga Minasa Upa Blok AB yang heterogen dan dinamis dalam kesehariannya pada aksi Kerja Bhakti kali ini nampak seluruhnya larut dan kompak pada hari Minggu (21/02/).

 

Lokasi  rangkaian kerja bhakti  Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN 2021)  berada pada wilayah Jalan Poros Blok AB dan Lapangan Kompleks.

 

Kegiatan ini  juga melibatkan unsur keluarga besar  warga Kompleks 0RW 17 serta dihadiri langsung oleh Lurah Minasa Upa Fahmi Idris, Ketua ORW 17 H. Mursalim serta para tokoh masyarakat dan warga Blok AB ,  kegiatan berlangsung  di lokasi Jalan Minasa Upa Blok AB poros.

 

Aksi pembersihan fokus pada areal lahan yang menjadi tempat pembuangan sampah liat serta pembersihan areal jalanan poros dan lapangan warga .

Mengingat lahan ini menjadi tempat pembuangan sampah liar  selama ini. Sehingga menimbulkan kesan kumuh , tidak terawat , berbau dan bisa menimbulkan penyakit. 

Sampah yang ditemukan  sangatlah beranekaragam , mulai dari botol plastik, pakaian dalam, plastik pembungkus, busa strayfoam hingga masker bekas pakai dan sisa sampah elektronik, dll.

 

Tentunya dibutuhkan kesadaran bagi oknum pelaku yang tidak peduli dan bertanggung jawab pada lingkungannya sendiri. 

 

Semoga di HPSN 2021 ini paradigma warga terhadap  ‘sampah’  menjadi semakin peduli dan kompak untuk menjaga lingkungannya.

Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penyerahan SK penetapan ‘nakhoda baru’  oleh Lurah Minasa Upa , Fahmi Rasyid S.Sos, M.AP kepada Ketua ORW 17 terpilih, H Mursalim, S.H. M.H.

Momen mengharukan tersebut disaksikan warga dan tokoh masyarakat pada momentum kerja bhakti.

Mariki kita mulai  dengan mengelola sampah dari rumah  dan jadikan sumber bahan baku ekonomi di masa pandemi ini.

 

 

Bagikan