Edukasi Covid-19, Dinkes Makassar Bagi Ribuan Masker di 10 Pasar Tradisional

satgascovid19
Foto: ist

Terkini.id, Makassar – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, Agus Djaja Said mengatakan pihaknya membagikan ribuan masker di 10 pasar tradisional. 

Agus menilai potensi penyebaran virus Covid-19 masih tinggi terjadi di pasar. Oleh karena itu, kata dia, pengawasan dan edukasi harus terus dimasifkan.

“Apa yang kita lakukan hari ini sebagai upaya menyadarkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Apalagi di pasar, orang banyak datang sehingga penyebaran bisa saja terjadi,” ungkapnya, Jumat, 13 November 2020.

Total masker yang dibagikan secara serentak di 10 pasar tradisional, yakni sebanyak 3.500 buah.

Berdasarkan pantauan di lapangan, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Makassar, Ita Anwar mengatakan masih banyak pengunjung yang tidak menggunakan masker dengan benar. 

Menarik untuk Anda:

Padahal, di tengah kondisi saat ini penggunaan masker yang baik dan benar harusnya sudah menjadi kesadaran bersama.

“Hampir semua punya masker tapi tidak di pakai dengan benar, hanya digantung dan dijadikan bando,” kata Ita.

Menurutnya, kampanye pakai masker di pasar tradisional dilakukan lantaran dinilai sebagai tempat paling potensial menularkan virus corona. 

“Perlu edukasi secara persuasif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Ita pun menjabarkan tugas masing-masing bidang. Bidang Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan (PSDK) menyasar Pasar Maricayya dan Pasar Pa’baeng-baeng. Sementara Bidang Kesehatan Masyarakat menyasar Pasar Sentral dan Pasar Butung.

Lantas, Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menyasar Pasar Parangtambung dan Pasar Sambung Jawa. 

Bidang Pelayanan Kesehatan menyasar Pasar Baru dan Pasar Sawah. Serta, Sekretariat Dinas Kesehatan menyasar Pasar Toddopuli dan Pasar Terong. 

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Siapkan 15 Ribu Alat Swab, Pemkot Makassar Target Zona Kuning Covid-19 di Akhir Tahun

Masih Pandemi, IDI Makassar Tolak Rencana Pembukaan Sekolah Tatap Muka Awal Januari 2021

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar