Masuk

Effendi Simbolon ke TNI: Dari Lubuk Hati, Saya Minta Maaf

Komentar

Terkini.id, Jakarta – Anggota DPR RI, Effendi Simbolon memancing kemarahan para prajurit TNI usai mengeluarkan pernyataan kontroversial dengan menyebut TNI seperti gerombolan layaknya ormas.

Usai beredar banyak video prajurit TNI mengaku tak terima dengan ucapan Effendi Simbolon itu, yang bersangkutan pun menyampaikan permohonan maafnya.

“Dari lubuk hati paling dalam saya mohon maaf atas apa pun perkataan saya yang menyinggung, menyakiti, tidak nyaman, di hati para prajurit, siapa pun dia, dari tamtama, bintara, sampai perwira, bahkan sampai sesepuh, para pihak yang tidak nyaman dengan perkataan diartikan lain,” kata Effendi Simbolon, seperti dilihat dari video unggahan akun Instagram @info_kartasura, Rabu 14 September 2022.

Baca Juga: HUT Ke-77 TNI, Kodim 1425 Jeneponto Gelar Gerak Jalan Santai dan Bersihkan Hutan Kota

Permintaan maaf itu disampaikan Effendi Simbolon saat jumpa pers di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, ditemani Ketua Fraksi PDIP DPR RI Utut Adianto.

Effendi pun mengatakan bahwa dirinya tidak bermaksud menyinggung TNI seperti gerombolan organisasi kemasyarakatan atau ormas.

Ia pun kemudian menjelaskan maksud ucapan TNI seperti gerombolan. Menurut Effendi, ucapannya itu bermakna TNI terlihat seperti gerombolan ormas apabila tidak patuh pada perintah atasan.

Baca Juga: Anggota Polisi yang Viral Karena Video Menghina TNI Akhirnya Dihukum

“Saya menyadari hal itu mungkin menjadi tidak nyaman kemudian tidak elok dan juga beberapa pihak tidak nyaman. Mungkin merasa tersinggung atau tersakiti akan kata-kata yang keluar dari saya menyangkut soal gerombolan dan ormas yang sejatinya, sejujurnya, saya tidak pernah menstigmakan TNI itu gerombolan tapi lebih kepada kalau tidak ada kepatuhan, kalau tidak ada kemudian harmoni dan seterusnya itu seperti gerombolan, seperti ormas,” ucap Effendi Simbolon.