Elon Musk Kirim Satelit Starlink ke Langit Ukraina: Rusia Tak Bisa Lagi Matikan Internet

Terkini.id, Jakarta – CEO SpaceX sekaligus Tesla, Elon Musk, ikut membantu Ukraina dengan mengirimkan layanan broadband satelit Starlink ke negeri yang sedang menghadapi perang itu.

Tujuan pengiriman satelit adalah sebagai bantuan untuk mengatasi gangguan internet di Ukraina.

Pengiriman satelit tersebut berawal saat Menteri Transformasi Digital Ukraina, Mykhailo Fedorov meminta Elon Musk agar perusahaan SpaceX milik Miliarder asal Amerika itu mengaktifkan satelit broadband Starlink, ke negaranya selama invasi Rusia berlangsung.

Baca Juga: Tesla Beli Nikel di Perusahaan China yang Berlokasi di Indonesia,...

“Saat anda mencoba mendarat di Mars, Rusia mencoba menduduki Ukraina! Ketika roket anda berhasil mendarat di luar angkasa, roket Rusia menyerang warga sipil Ukraina!” kata Fedorov, dikutip dari Euronews, Minggu 27 Februari 2022.

Tidak lama setelah itu, Elon Musk menanggapi cuitan Fedorov untuk memberikan bantuan internet dari satelit Starlink.

Baca Juga: Tesla Dikabarkan Telah Tanda Tangan Kontrak Dengan Perusahaan Nikel Indonesia

“Layanan Starlink sekarang aktif di Ukraina. Lebih banyak terminal dalam perjalanan,” cuit Musk.

Seperti diketahui, konektivitas internet juga terpengaruh di wilayah selatan dan timur Ukraina selama invasi Rusia terjadi.

“Terminal Starlink akan hadir di Ukraina! Terima kasih @elonmusk, terima kasih untuk semua yang mendukung Ukraina!” ujarnya.

Baca Juga: Tesla Dikabarkan Telah Tanda Tangan Kontrak Dengan Perusahaan Nikel Indonesia

Starlink adalah satelit dari SpaceX milik Elon Musk untuk menyediakan koneksi internet broadband dari luar angkasa tanpa memerlukan kabel serat optik di Bumi.

Tujuan adanya proyek Starlink adalah untuk memberikan akses internet berkecepatan tinggi untuk orang-orang di wilayah terpencil di dunia.

Dengan kehadiran Starlink di Ukraina, negara tersebut bakal terus memiliki koneksi internet.

Bantuan Elon Musk ini dapat menghindari ancaman dari Rusia untuk menonaktifkan internet dan memutus akses komunikasi di sana.

Untuk terhubung ke internet Starlink, pengguna memerlukan alat seperti router hingga kondisi cuaca yang bagus.

‘Elon Musk Adalah Iron Man

Sejumlah pihak pun menyambut baik dan respek dengan langkah Elon Musk itu.

Mykhailo Fedorov, Wakil Perdana Menteri Ukraina menyampaikan: “Terminal Starlink akan datang ke Ukraina! Terima kasih @elonmusk, terima kasih semuanya, yang mendukung Ukraina!”

Robert C. O’Brien, mantan penasihat keamanan nasional: “Saya mengatakan dalam sambutan saya kepada @CPAC hari ini bahwa @elonmusk adalah salah satu alasan Amerika pada akhirnya akan menang melawan #Rusia dan #China. Di bawah ini adalah Exhibit A untuk mendukung argumen saya. #Ukraina #Kebebasan”

Payton Alexander, pengacara: “Rakyat Ukraina, negara yang dilanda perang, sekarang akan menerima internet broadband berkecepatan tinggi, latensi rendah, dari luar angkasa. Rusia tidak bisa menyentuhnya.”

Klon Kitchen, rekan senior AEI: “Luar biasa. Juga, contoh utama bagaimana beban keamanan nasional sekarang dibagi dengan sektor swasta dengan cara yang mendasar dan kuat. Bagus @elonmusk (tapi kita harus bicara tentang China).”

Maye Musk, ibu Elon Musk: “@elonmusk Hebat! #ProudMom #StopTheWar #Ukraina.”
Bel Trew, reporter: “Yah, ini sesuatu yang luar biasa. Salah satu ketakutan terbesar di antara orang Ukraina yang saya ajak bicara adalah benar-benar terputus dari dunia sementara serangan terburuk terjadi.”

Brendan Carr, Komisaris FCC: “Senang melihatnya! Amerika memiliki kepentingan strategis dalam perusahaan sekutu yang memancarkan Internet di luar negeri—dari Kuba hingga Afghanistan & sekarang Ukraina. Tagihan yang diperkenalkan tahun lalu oleh @marcorubio @SenRickScott @RepMariaSalazar akan memastikan AS mendukung upaya tersebut. Mari kita lewati tagihan itu secepatnya.”

Scott Adams, komentator politik: “Menekan tombol dan mengubah jalannya sejarah.”
Scott Gilmore, editor majalah: “SpaceX menyumbangkan terminal starlink berarti sekarang tidak mungkin bagi Rusia untuk mematikan internet. Ini membuat Pres Zelenskyy tetap terhubung dengan Ukraina dan membuat orang Ukraina tetap terhubung dengan dunia. Ini adalah anugerah monumental untuk perjuangan mereka.”

Mike Cernovich, komentator politik: “Elon Musk adalah Iron Man. Barat melihat semua konflik sekarang sebagai film komik 3 babak.”

“Starlink menyediakan internet broadband berkecepatan tinggi dengan latensi rendah di seluruh dunia. Di setiap area cakupan, pesanan dipenuhi berdasarkan siapa datang pertama, dilayani pertama, ”kata perusahaan itu. “Menggunakan satelit canggih di orbit rendah, Starlink memungkinkan panggilan video, game online, streaming, dan aktivitas kecepatan data tinggi lainnya yang secara historis tidak mungkin dilakukan dengan internet satelit.”

“Starlink sangat ideal untuk area di mana konektivitas tidak dapat diandalkan atau sama sekali tidak tersedia,” tambah perusahaan. “Orang-orang di seluruh dunia menggunakan Starlink untuk mendapatkan akses ke pendidikan, layanan kesehatan, dan bahkan dukungan komunikasi selama bencana alam.”

Bagikan