Masuk

Ukraina Temukan Kuburan Massal Lebih dari 440 Jenazah Setelah Berhasil Mengusir Pasukan Rusia di Izium

Komentar

Terkini.id, Jakarta –  Pihak Kepolisian Ukraina pada hari Kamis, 15 September mengonfitmasi telah menemukan kuburan massal yang berisi lebih dari 440 jenazah di kota Izium Ukraina.

Serhiy Bolvinov selaku Kepala Penyelidik Polisi wilayah Kharkiv menyebut bahwa penyelidikan forensik akan dilakukan terhadap jenazah yang ditemukan di kuburan massal tersebut.

“Saya dapat mengatakan itu adalah salah satu situs pemakaman terbesar di kota besar di (daerah) yang dibebaskan, 440 dimakamkan di suatu tempat,” ujar Bolvinov dikutip dari Antara News, Jumat, 16 September 2022.

Baca Juga: Jokowi Nyatakan Perang Dihentikan Saat Buka KTT G20 Setelah Rudal Hantam Polandia

Bolvinov menyambung bahwa saat ini diduga beberapa jenazah yang ditemukan tewas akibat tembakan artileri dan ada juga yang meninggal karena serangan udara.

“Beberapa meninggal karena tembakan artileri, beberapa meninggal karena serangan udara,” kata Balvinov.

Diketahui, pasukan Ukraina telah berhasil merebut kota Izium dan membuat ribuan tantara Rusia melarikan diri dari kota yang berada di wilayah Timur Ukraina tersebut.

Baca Juga: Vladimir Putin Dipastikan Tak Hadiri KTT G20 di Bali

Secara terpisah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyalahkan Rusia atas kejadian tersebut, Ia bahkan mengaitkan penemuan kuburan massal ini serupa dengan yang terjadi di Bucha pada tahap awal invasi Rusia Februari lalu.

“Rusia meninggalkan kematian di mana-mana dan harus bertanggung jawab,” kata Zelenskiy dilansir dari Antara News.

Zelensky bahkan mengatakan Ukraina dan sekutu Baratnya menuduh pasukan Rusia telah melakukan kejahatan perang di negaranya.

Sementara dari pihak Rusia telah berulang kali membantah tuduhan atas pihaknya yang menargetkan warga sipil atau kejahatan perang lainnya.

Baca Juga: Rusia Tembakan Rudal Jelajah ke Beberapa Kota di Ukraina Selama Jam Sibuk