Ferdinand Soroti Haikal Hassan, Memuji-muji Orang Arab Seolah Ras Paling Suci tapi Lecehkan Bung Karno!

Terkini.id, Jakarta – Mantan politisi Partai Demokrat, yakni Ferdinand Hutahaean, kembali menanggapi salah satu ceramah Haikal Hassan perihal keutamaan bangsa Arab. 

Ia kemudian membandingkan potongan video ceramah Haikal tersebut dengan ceramah lainnya yang mana menurut Ferdinand, sekjen HRS center itu dianggap melecehkan presiden pertama RI, Ir. Soekarno. 

Adapun video itu dibagikan ulang olehnya pada hari Rabu ini, 14 April 2021, dari seorang netizen berakun @RD_4WR1212 dengan keterangan tertawa. 

Baca Juga: Jokowi Dituding Perintahkan Penonaktifan Novel Baswedan dkk, Ferdinand: Ini Hanya...

Durasi video tersebut terbilang pendek, hanya sekitar 52 detik saja dan berisi tentang Haikal Hassan yang menjelaskan perihal keutamaan bangsa Arab. 

Menurut Haikal, bangsa yang paling teguh memegang amanah adalah bangsa Arab dan mereka tak pernah berkhianat, tak seperti bangsa Israel, Mahjusi, Romawi, dan Persia. 

Baca Juga: Gatot-Rizal Disebut Pasangan Kuat, Ferdinand: Mungkin Menang Kalau Lawannya HNW-Mardani

“Bangsa yang paling memegang teguh amanah dan janji adalah bangsa Arab. Itu salah satu hikmah, Rasulullah diturunkan kepada bangsa Arab,” jelas Haikal Hasan dikutip terkini.id pada Rabu, 14 April 2021.

“Bangsa Israel itu mengkhianati Nabinya. Bangsa Majusi mengkhianati rajanya. Bangsa Romawi berkhianat pada rajanya. Bangsa Persia khianati Ratunya. Tapi bercerita bangsa Arab berkhianat, gak ada,” sambungnya. 

“Maka kata Nabi ‘Hubbul Araabin Listalaasin’. Cintai Arab itu karena tiga, kata Nabi: liaani Arabi, karena aku orang Arab. Wal Quran Arabi, Quran Bahasa Arab. Walqalamul Ahlul Jannah Arabi, karena penduduk surga berbahasa Arab.”

Baca Juga: Soal Nasib 75 Pegawai KPK Tak Lolos TWK, Ferdinand: Jadikan...

Ceramah tersebut kemudian ditanggapi oleh Ferdinand Hutahaean melalui akun media sosial Twitter-nya.

Menurutnya, Haikal Hassan pernah melecehkan Bung Karno yang merupakan proklamator bangsa Indonesia, tetapi justru gencar memuji-muji orang Arab seolah mereka ras paling suci nan mulia. 

“Haikal Hasan melecehkan Bung Karno sang proklamator bangsa dalam satu ceramahnya. Dan diceramah lain, Haikal memuji-muji orang Arab seolah Arab jadi ras paling suci mulia di bumi ini,” ujar Ferdinand, dikutip terkini.id pada Rabu, 14 April 2021.

“Hei Kal, saya kasitau kamu, Indonesia ini penduduk aslinya banyak suku, dan Arab bukan salah satunya,” lanjutnya. 

Dalam cuitan lain, Ferdinand tampak melanjutkan topik Haikal Hassan, yaitu bahwa dirinya tiba-tiba teringat sejarah bangsa di kala sidang BPUPKI lantaran ucapan sekjen HRS center tersebut. 

“Karena omongan Haikal Hasan, saya jadi teringat sejarah bangsa yang tertulis ketika BPUPKI bersidang,” papar Ferdinand lagi.

“Kala itu AR Baswedan yang mewakili warga keturunan Arab dengan kalimat memelas agar diberikan kepastian Warga Arab keturunan maupun arab toktok dimasukkan sebagai warga negara Indonesia,” pungkasnya.

Bagikan