FMN Cabang Makassar Menilai Pemerintahan Jokowi Tidak Mampu Mengatasi Penyebaran Covid 19

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan
Aksi Kampanye FMN Cabang Makassar

Terkini.id, Makassar – Front Mahasiswa Nasional (FMN) Cabang Makassar Menggelar aksi Kampanye untuk merespon sikap pemerintahan Jokowi dalam mengatasi penyebaran Virus Covid 19 di Fly over Jl AP. Pettarani Makassar pada Jum’at 20 Maret 2020 dimulai dari puku 16.00 sampai pukul 17.20 WITA.

Aksi yang diikuti 7 orang mahasiswa yang masing-masing memegang pamflet yang bertuliskan kritikan-kritikan terhadap pemerintah dan sambil meneriakkan yel-yel “Kesehatan Tanggung Jawab Negara,”

Henri For Jebs  selaku ketua umum FMN Cabang Makassar menegaskan bahwa Pemerintahan Jokowi tidak serius menangani penyebaran virus Covid 19 pasalnya sampai saat ini angka kematian akibat Covid 19 terus mengalami peningkatan yang signifikan per tanggal 20 maret sudah 32 orang meninggal sementara yang positif 369 orang.

“Saya melihat masih terbatasnya alat cek laboratorium untuk seluruh rumah sakit, pemerintah juga tidak memfasilitasi daerah-daerah yang terdampak dengan medistribusikan seperti masker, hand sanitizer, dan vitamin. Sementara tenaga medis sebagai garda terdepan menghadapi Covid 19 namun pemerintah tidak memberikan fasilitas standar untuk keamanan diri,” Tegasnya.

Bukan hanya itu FMN Cabang Makassar menyoroti nasib Pelajar dan Mahasiswa Indonesia Akibat kebijakan meliburkan Sekolah dan Kampus sebagai bentuk antisipasi Pemerintah untuk menghadapi Covid 19 .

Henri Mengatakan Sistem Belajar jarak jauh tidak akan berjalan efektif karena tidak semua Institusi memiliki kapasitas dan kemampuan untuk menunjang sistem tersebut seperti Internet dan Teknologi, seperti Kampus yang menerapkan Pembelajaran online akan berdampak buruk bagi mahasiswa yang mengalami kesulitas mengakses jaringan internet yang memadai.

“Setidaknya biaya yang bertambah untuk kebutuhan internet, Mahasiswa yang membayar uang kuliah per-semesternya untuk memenuhi kebutuhan operasional pembelajaran tatap muka harian yang tidak berjalan, seharusnya mahasiswa mendapatkan kembali sebagian uang semesternya,”Lanjut Henri.

Berikut Tuntutan FMN Cabang Makassar :

1 .Pemerintah Harus Menjamin ketersediaan fasilitas kesehatan dengan melakukan pengecekan dini penyebaran Covid 19 hingga ke Desa, kampung dan tempat kerja.

2. Pemerintah Harus Menjamin ketersediaan alat penunjang kesehatan dan pencegahan virus seperti Masker, Hand sanitizer dan Vitamin secara gratis, khususnya bagi kelas buruh, kaum tani, pedagang kecil, dan rakyat miskin lainnya.

3. Pemerintah harus menjamin ketersediaan pangan dan kebutuhan pokok yang murah sehingga mudah dijangkau oleh rakya.

4. Pemerintah harus memastikan tidak ada PHK bagi kalangan kelas buruh dan pekerja lainnya, jika pabrik dan kantor diberhentikan sementara, upah para pekerja harus tetap dibayar secara penuh.

5. Pemerintah dalam menjalankan pembelajaran jarah jauh (online) harus memberikan kepada sekolah dan peserta didik fasilitas yang menunjang dan peningkatan kemampuan untuk menjalankan metode tersebut.

6. Kampus dan Sekolah harus mengembalikan uang bayaran/semester kepada peserta didik. Karena pembelajaran jarak jauh tidak membutuhkan kebutuhan operasional sebagaimana biasanya dan justru memberi beban biaya tambahan bagi peserta didik untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (online).

7. Berikan fasilitas pengaman diri dan insentif yang layak bagi segenap tenaga medis dan sukarelawan yang berjuang menyelamatkan rakyat.

 

 

 

Komentar

Rekomendasi

Berita Lainnya

Akibat Informasi Hoax di Facebook dan Whatsapp Warga Memburu Bahan Pangan untuk Beberapa Hari

Antisipasi Corona, Peserta Seleksi Penerimaan Anggota Polri 2020, Polda Sulsel Laksanakan Verifikasi Online

Peduli Wabah Corona, Kerukunan Keluarga Bone Bagikan 690 Masker Gratis

Ada Apa, Seorang Pemuda di Amankan Unit Opsnal  Polres Gowa

YBM PLN Tetap Bantu UMKM Masyarakat di Tengah Wabah Covid-19 Bersama IZI Sulsel

UNM Berikan Keringanan Bagi Mahasiswanya Ditengah Pembelajaran Daring

Pemuda Malangke Lakukan Aksi Penyemprotan di Setiap Wilayah

Kapolres Gowa Lepas Secara Resmi BKO Brimob Polda Sulsel, Setelah Seminggu Bertugas

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar