‘Food, Feed, Fibre’ pada Hari Penanggulangan Degradasi Lahan Sedunia Tahun 2020

Tulisan ini adalah kiriman dari Citizen, isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.
Laporkan tulisan

terkini.id-Jakarta, Setiap tanggal 17 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Penanggulangan Degradasi Lahan Sedunia (World Day On Combating Desertification)

Hari Penanggulangan Degradasi Lahan Sedunia (Sumber: Instagram @Kementerian LHK)

Indonesia merupakan salah satu negara yang wajib memperingatinya karena telah meratifikasi konvensi untuk menanggulangi penurunan dan mengurangi dampak kekeringan melalui aksi Nasional yang menggabungkan jangka panjang dan didukung kerjasama internasional serta pengaturan kemitraan yang biasa kita sebut UNCCD (United Nations Convention to Combat Desertification) dengan laman Instagram @unccd.

Seperti dilansir dari laman Instagram @kementerianlhk, pada Rabu (17/06). tema Hari Penanggulangan Degradasi Lahan tahun 2020 ini adalah Food, Feed, and Fibre, dengan mempunyai latar belakang, yakni :

1. Food / Makanan, sekitar 1,3 miliar ton makanan tiap tahun diproduksi terbuang sia-sia maka kurangi membuang ,beli atau membuat makanan secukupnya.

Hari Penanggulangan Degradasi Lahan Sedunia (Sumber: Instagram @Kementerian LHK)

2. Feed / Pakan, lebih dari 70 persen dari ekosistem alami berubah menjadi produsi tanaman semusim dan pakan ternak maka dilakukan penanaman campuran dengan tanaman jangka panjang atau
lebih dikenal agroforestry agar tetap menjaga ketersediaan air.

Hari Penanggulangan Degradasi Lahan Sedunia (Sumber: Instagram @Kementerian LHK)

Menarik untuk Anda:

3. Fibre / Serat, Industri mode atau fashion menghasilkan lebih banyak emisi daripada industri penerbangan. Baju, kaos kaki dan semua yang berhubungan
dengat serat kain telah menghasilkan 8 persen dan (diprediksi akan naik hingga 50 persen pada tahun 2030) gas rumah kaca/GRK maka dapat kita kendalikan dengan mengurangi penggunaan serat (kain) secara berlebihan serta bertanggungjawab menyerukan
praktek yang lebih berkelanjutan untuk mengurangi emisi dan mengurangi tekanan penggunaan pada lahan.

Hari Penanggulangan Degradasi Lahan Sedunia (Sumber: Instagram @Kementerian LHK)

Penggunaan dari tema di atas dilatar belakangi sejalan dengan pertumbuhan penduduk yang pesat sehingga akan meningkatkan kebutuhan lahan untuk pemenuhan pangan, pakan dan sandang.

Dengan membatasi atau mengurang yang tidak perlu pada makanan, pakan dan serat dapat berkontribusi pada perubahan iklim. Upaya mitigasi bencana akibat perubahan iklim dapat diinisiasi melalui strategi penanganan berbasis lahan.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Masuki New Normal, Penyidik Gakkum KLHK Serahkan Pengusaha Sawmill ke Kejari Polman

Menikmati Indahnya Sunset di Pantai Sunari, Selayar

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar