Forum OSIS Sulsel Gandeng MHG Peduli Gelar Perlombaan di Hari Santri Nasional

MHG Peduli
Forum OSIS Sulsel Gandeng MHG Peduli dan KNPI Gelar Perlombaan di Hari Santri Nasional

Terkini.id, Makassar – Peringatan Hari Santri Nasional yang jatuh pada Jumat, 22 Oktober 2020 memiliki kesan tersendiri. Kali ini, hari Santri mengusung tema Santri Sehat, Indonesia Kuat lantaran berlangsung di tengah pandemi Covid-19.

Ketua Dewan Pembina Forum OSIS Sulsel, Ahmad Wahyu Saputra mengatakan pihaknya menghelat perlombaan video konten santri. Dimulai pada tanggal 23-30 Oktober 2020.

Perlombaan tersebut dipilih lantaran situasi masih pandemi Covid-19. Selain itu, kata Ahmad Wahyu, sekolah juga belum dibuka. 

“Jadi kami memberikan sebuah solusi bagi anak-anak, walaupun dari rumah tetap punya ruang untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya melalui perlu secara virtual,” kata Ahmad Wahyu, Sabtu 24 Oktober 2020.

Selain perlombaan konten santri, Ahmad menyebut jenis lomba lain, antara lain MTQ, adzan, cerita kisah nabi dan nasyid.

Menarik untuk Anda:

“Anak-anak merekam, buat video dalam bentuk foto lalu menjadi sebuah karya. Lalu di upload di Instagram masing-masing dengan tag @fosis_sulsel dan @mhgpeduli,” jelasnya.

Klasifikasi perlombaan, kata Ahmad, mengacu pada batas usia, yakni 13-30 tahun, beragama islam, hanya mengikuti satu jenis lomba. 

Selain itu, setiap instansi atau perorangan mendaftarkan peserta untuk semua jenis lomba, diwajibkan mengisi link formulir pendaftaran online, dan peserta diwajibkan mengikuti protokol kesehatan.

Pada hari Santri Nasional kali ini, Ahmad Wahyu berharap santri menjadi suri teladan bagi anak sekolah yang belum pesantren.

“Bagi mereka yang tidak pernah terlihat dengan dunia santri. Pada dasarnya anak santri ini bisa memberikan contoh yang baik bagi semua kalangan di Sulsel,” ungkapnya.

Sebelumnya, Founder MHG Peduli Sulsel, Mudassir Hasri Gani mengatakan, perlombaan konten video merupakan salah satu kegiatan yang diadakan sejak tahun 2019 lalu.

Kegiatan pertama diadakan saat perayaan hari disabilitas, dengan membagikan masker dan handsanitizer kepada masyarakat dengan menyasar para pemuda di daerah.

“Video konten di tengah pandemi Covid-19 merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh MHG Peduli sejak tahun 2019 dengan menyasar para pemuda di daerah di Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Sementara, Ketua KNPI Sulsel, Nurkanita Maruddani mengatakan bahwa kegiatan tersebut sengaja diadakan salah satunya untuk mengembalikan semangat para siswa-siswi madrasah yang telah bosan tinggal dirumah selama Covid-19.

“Kegiatan ini bertujuan, salah satunya yaitu untuk mengusir kebosanan para siswa-siswi madrasah atau pesantren yang telah jenuh atau bosan di rumah selama Covid-19, dengan harapan para siswa-siswi atau santri kembali bergairah dan semangat dengan mengikut perlombaan yang diadakan secara virtual,” tambahnya.

Sekadar diketahui, Mudassir Hasri Gani (MHG) Peduli Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulawesi Selatan menggandeng Forum Osis Sulawesi Selatan menyelenggarakan konten video.

Hingga saat ini, sebayak 375 peserta yang telah ikut, mereka berasal dari siswa se-Sulawesi Selatan, Aceh dan Pulau Jawa.

Konten Bersponsor

Mungkin Anda Suka

Gelar Webinar, PLUT Sulsel-ABDSI Pacu Digitalisasi UMKM di Masa Pandemi

Relawan Covid-19 Sulsel Diberi Pelatihan, Akan Sosialisasikan 3 M

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar