Gagal Ginjal Bikin Cuci Darah 2 Kali Seminggu, Segini Tarifnya

Terkini.id, Jakarta – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang paling berberharga. Ginjal berfungsi membersihkan darah dari toksin dan menyaring zat-zat berbahaya yang diserap tubuh.

Nah, jika ginjal gagal berfungsi, ands harus cuci darah. Sayangnya, cuci darah masih terbilang mahal untuk sekali tindakan. Direktur klinik Hemodialisis Tidore, Jakarta Pusat, Andreas Japar mengatakan harga cuci darah bisa berbeda-beda tergantung dari tingkat fasilitas kesehatannya.

“Rp 737.700 untuk klinik HD (hemodialis) tipe D, kalau klinik di luar rumah sakit tipe D. Ada lagi rumah sakit tipe C itu sekitar Rp 825.000, kelas B sekitar Rp 935.000, kelas A antara sekitar Rp 1.000.000,” kata Andreas dikutip detikcom, Senin (13/1/2020).

Baca Juga: Cara Menjaga Imunitas Tubuh Pasca Vaksinasi Menurut dr Michael Reo

Prosedur cuci darah pun tak bisa dilakukan hanya sekali, karena racun-racun di dalam darah perlu dibersihkan secara terus menerus.

“Umumnya dua kali seminggu selama cuci darah itu berlangsung prosesnya 5 jam. Jadi bayangin saja dua kali seminggu 5 jam,” ucap dr Risma Chrismawati.

Baca Juga: Tips Menjaga dan Merawat Ginjal Agar Tetap Sehat dan Terhindar...

Bahkan bagi pasien yang mengidap gagal ginjal kronis, cuci darah bisa dilakukan seumur hidup.

“Kalau sudah gagal ginjal kronis stadium 5 itu seumur hidup, tapi kalau yang bukan itu gagal ginjal akut itu (karena) ada penyakit penyerta lain,” tambahnya.

Diketahui untuk penyakit gagal ginjal akut, masih ada kemungkinan membaik bila rutin cuci darah dan menjaga pola hidup sehat.

Bagikan